Ternyata Harga Pertamax di Indonesia Lebih Murah di Dunia

  • Share

Senin, 11 April 2022 – 11:26 WIB

Oto Mobile – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax di Indonesia, beberapa hari lalu sempat bikin geger di masyarakat.

Padahal menurut Piter Abdullah, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax tak bisa dihindari dan masih termasuk paling murah di dunia.

Piter mengungkapkan kenaikan harga Pertamax tak bisa dihindarkan, sebab harga minyak dan gas (migas) dunia memang melambung karena perang Rusia-Ukraina. 

“Namun begitu walau pun naik, sebenarnya harga Pertamax termasuk paling murah di dunia,” kata Piter dikutip Oto Mobile Otomotif dari Antara, Senin 11 April 2022.

SPBU

Selain itu, lanjutnya, publik juga harus paham, kenaikan harga hanya diberlakukan untuk BBM nonsubsidi dan Pertamax pun sebenarnya ditujukan untuk masyarakat kelas menengah ke atas.

“Itu pun volume penjualan Pertamax juga kecil, hanya 14 persen dari total penjualan BBM Pertamina. Sedangkan BBM dan LPG subisidi, termasuk Pertalite, Biosolar, dan gas melon yang notabene ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah, hingga saat ini tidak terjadi kenaikan harga,” beber Piter.

  • Share