Proyek Kijang Innova Listrik Libatkan 100 Teknisi Terbaik Tanah Air

  • Share
Jakarta

Toyota Indonesia sudah memperlihatkan prototipe Innova Battery Electric Vehicle (BEV) atau Innova listrik ke masyarakat. Meski belum bisa dipastikan kapan akan benar-benar dijual ke pasaran, Innova listrik yang diproduksi Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ini cukup menarik perhatian.

Director TMMIN, Bob Azam, menjelaskan untuk bisa memproduksi prototipe Toyota Kijang Innova BEV, TMMIN melibatkan sekitar 100 teknisi terbaik TMMIN.

“Selama pengembangan kami melibatkan sekitar 100 orang teknisi, karena ini (Kijang Innova Listrik) membutuhkan keahlian baru, seperti teknisi baterai, teknisi motor listrik, serta ada keahlian-keahlian baru lainnya yang dilibatkan. Saat ini karyawan R&D kami mencapai 500 orang,” ucap Bob belum lama ini.

“Berapa lama pengembangannya? Semenjak kita menggunakan masker,” canda Bob kepada awak media. Kalau dari clue yang diungkapkan Bob, artinya proyek Innova listrik ini sudah dikerjakan sejak 2020.

Dalam pemberitaan sebelumnya Toyota Indonesia memperkenalkan Kijang Innova BEV concept study car,pertama di Indonesia. Proyek studi ini memilih utilisasi Toyota Kijang Innova yang telah dikenal sebagai mobil keluarga legendaris Indonesia yang telah memiliki kandungan lokal tinggi.

Proyek Kijang Innova BEV concept study car juga dijelaskan bertujuan untuk mengeskalasi kemampuan engineer Indonesia serta mengembangkan kapabilitas SDM nasional di bidang elektrifikasi. Lewat produk ini Toyota Indonesia dapat merealisasikan transfer pengetahuan, inovasi teknologi, dan peningkatan kemampuan SDM industri otomotif kepada seluruh rantai pasok hingga para akademisi yang selaras dengan moto Toyota Indonesia “We Make People Before We Make Product”.

Selanjutnya dijelaskan Kijang Innova BEV concept study car menjadi bagian dari continuous improvement yaitu semangat pengembangan ekosistem elektrifikasi Indonesia yang diwujudkan bersama para engineer anak bangsa. Proyek ini sekaligus menjadi titik awal transformasi bersama ke era elektrifikasi dengan menggandeng seluruh rantai pasok yang sudah berperan membangun industri otomotif nasional selama ini, sambil mempersiapkan ekosistem lengkap untuk BEV. Kijang Innova BEV concept study car merupakan bentuk dukungan prinsipal dan kepercayaan terhadap Indonesia.

Dengan memilih model lokal, ekosistem industri otomotif yang sudah ada dapat dijaga dan juga mampu mengembangkan rantai pasokan baru untuk beradaptasi dengan teknologi elektrifikasi. Lewat kolaborasi bersama dengan OEM (Original Equipment Manufacturer)lainnya, Toyota Indonesia dapat mempercepat terciptanya ekosistem BEV di Indonesia.

Simak Video “Tenang! Pertamax Lagi Mahal, Vario 160 Aman Banget Pakai Pertalite
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)

  • Share