Toyota GR Corolla Diproduksi Terbatas, Siap-siap Jadi Mobil Langka

  • Share
Jakarta

Toyota secara resmi memperkenalkan mobil terbarunya, yaitu Toyota GR Corolla. Mendapat sambutan hangat dari para pencinta otomotif, namun Toyota mengatakan sport hatchback ini akan diproduksi secara terbatas.

Toyota telah meluncurkan GR Corolla di Amerika Serikat pada awal April lalu. Peluncuran GR Corolla merupakan pengganti model GR Yaris yang tidak hadir di pasar Amerika Serikat.

Karena mengusung tipe GR, tentu GR Corolla hadir dengan mengusung banyak perubahan dari segi desain dan performa, yang tidak bisa didapatkan dari model Corolla hatchback standar. Lantas, hal itu membuat Toyota akan memproduksi GR Corolla dengan unit yang terbatas.

Dikutip Carscoops, Vice President Marketing Toyota Mike Tripp mengatakan, pabrikan asal Jepang itu akan memproduksi GR Corolla secara eksklusif. Strategi ini mirip seperti yang dilakukan oleh merek supercar ternama, demi menjaga pasokan produksi tetap rendah seiring mendorong jumlah permintaan.

Lebih lanjut, Mike menjelaskan terbatasnya produksi GR Corolla tidak ada hubungannya dengan kapasitas produksi mobil di pabrik. Justru, angka produksi yang rendah dilakukan demi menjaga model GR Corolla agar tetap eksklusif.

Toyota GR CorollaToyota GR Corolla Foto: Dok. Toyota

“Saya tidak akan mengatakan jika faktor mobil (GR Corolla) diproduksi secara terbatas karena kemampuan pabrik Toyota dalam jumlah hal produksi,” kata Tripp.

“Kami sangat berhati-hati untuk memastikan bahwa kami tetap mempertahankan kredibilitas,” ungkapnya.

Menurut Tripp, produksi Toyota GR Corolla akan mencapai 8.000 unit per tahun. Lalu pada 2023 mendatang kemungkinan jumlah produksinya hanya sebesar 6.000 unit.

Selain itu, Toyota juga akan merilis GR Corolla edisi terbatas, kabarnya model pertama yang akan hadir adalah Circuit Edition yang diluncurkan pada tahun 2023 nanti. Tripp mengungkapkan GR Corolla edisi terbatas itu akan diproduksi sebanyak 1.250 unit saja.

Sedikit membahas soal spesifikasi, Toyota GR Corolla menggunakan mesin berkapasitas 1.6 liter turbocharged single scroll, mesin yang sama pada GR Yaris. Namun tenaga yang dihasilkan jauh lebih buas hingga sebesar 304 hp dan torsi di angka 370 Nm.

Mobil hatchback sport ini dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan manual intelligent Manual Transmission (iMT), serta sistem penggerak empat roda GR-Four.

Mengenai harga, Toyota belum merilis secara resmi baik varian GR Corolla maupun Circuit Edition. Rencananya mobil ini akan dipamerkan pada ajang New York International Auto Show yang digelar akhir April 2022.

Simak Video “Berkendara dengan Toyota Corolla Cross Hybrid Mengunjungi Sirkuit Mandalika
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/rgr)

  • Share