10 Hal yang Perlu Diketahui Jelang MotoGP Argentina

  • Share
Jakarta

Aleix Espargaro mencetak sejarah dengan merebut pole position di MotoGP Argentina. Ya, pebalap berkebangsaan Spanyol itu akan memulai balapan MotoGP Argentina dari posisi pertama usai menorehkan catatan waktu 1:37:688.

Catatan menarik di MotoGP Argentina tak cuma itu. Ada sejumlah hal lain yang perlu Anda ketahui dikutip laman MotoGP berikut.

1. Ini merupakan kali pertama Aprilia bisa memulai balapan dari posisi terdepan sejak era MotoGP tahun 2022 dan menjadi yang ketiga di kelas premier. Sebelumnya ada Tetsuya Harada di Italia tahun 1999 dan Jeremy McWilliam di Australia tahun 2000.

2. Pada balapan MotoGP Argentina 2022 yang ke-200 ini, Aleix Espargaro merebut posisi puncak kualifikasi untuk ketiga kalinya. Sebelumnya ia pernah mencatatkan waktu terbaik di sesi kualifikasi pada gelaran MotoGP Assen 2014 bersama dengan tim Forward Yamaha dan Catalunya 2015 dengan Suzuki. Ia menjadi pebalap pertama yang meraih pole dengan motor dari tiga pabrikan berbeda sejak era MotoGP 2002.

3. Aprilia merupakan pabrikan ketiga yang bertarung untuk meraih pole position di Termas de Rio Hondo bersama dengan Honda (lima pole position) dan Ducati (satu pole position).

4. Jorge Martin menjadi pebalap Ducati yang berhasil memulai balapan dari tempat kedua dan sekaligus menjadi start baris terdepan ketujuhnya sejak merangkak ke kelas MotoGP tahun lalu. Sayang pebalap berjuluk ‘Martinator’ itu belum berhasil meraih poin dari kedua balapan musim 2022.

Luca Marini di MotoGP QatarLuca Marini senang dengan hasil kualifikasi MotoGP Argentina. Foto: MotoGP

5. Luca Marini menyelesaikan sesi kualifikasi di posisi ketiga. Ini merupakan capaian kedua Marini untuk bisa memulai balapan dari baris terdepan.

6. Maverick Vinales menjadi yang tercepat kelima saat sesi kualifikasi. Torehan tersebut merupakan yang terbaik sejak Vinales bergabung dengan Aprilia. Alhasil dua pebalap Aprilia itu berhasil meraih posisi lima besar di kelas premier.

7. Fabio Quartararo akan memulai balapan dari posisi keenam. Ini sekaligus menjadi catatan waktu terbaik dari Quartararo di kelas manapun di seri Argentina.

8. Meski membukukan catatan waktu di tempat ke-11, Jack Miller akan memulai balapan dari tempat ke-14 karena dikenakan penalti lantaran dianggap mengganggu pebalap lain pada Q2.

Enea Bastianini berjanji tampil optimal di MotoGP Argentina.Enea Bastianini berjanji tampil optimal di MotoGP Argentina. Foto: dok.Federal Oil

9. Pemimpin klasemen Enea Bastianini tak tampil cemerlang pada sesi kualifikasi MotoGP Argentina. Hal itu membuatnya harus memulai balapan dari tempat ke-13, sekaligus menjadi yang pertama baginya start di belakang dua baris terdepan.

10. Francesco Bagnaia meraih tempat ke-14 pada sesi Q2. Namun karena Jack Miller terkena penalti, maka ia naik posisi menjadi ke-13. Ini merupakan hasil terburuk kedua yang ditorehkan Bagnaia setelah sebelumnya menyelesaikan kualifikasi pada posisi ke-16.

Simak Video “Aleix Espargaro Lempar Helm ke Fans di Mandalika, Berapa Harganya?
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lua)

  • Share