Asuka Jual Head Unit Canggih, Sudah Ada Kamera 360 dan Voice Command

  • Share

Salah satu fitur yang saat ini banyak dikembangkan pabrikan otomotif adalah head unit dengan kemampuan memantau posisi atau pergerakan mobil dengan kamera 360 derajat. Hal tersebut menambah fungsi head unit, dari tadinya hanya untuk mendengarkan music .

Teknologi ini juga dikembangkan produsen head unit Asuka Car TV Indonesia dengan Mirai Car Entertainment. Hadir di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, mereka memperkenalkan Mirai MR-9032AVM dan MR-1032AVM. Head unit Android versi 10 berukuran 9 inc dan 10 inc ini dilengkapi kamera 360 di empat sisi dengan kapasitas processor CPU Octa-Core RAM 4 GB dan memori penyimpanan 64 GB.  

“Head unit ini sudah dilengkapi dengan Around View Monitor dan juga sudah built in kamera 360 derajat dengan kecanggihan 3 Dimensi. Fitur Around View Monitor ini dapat membantu pengemudi memarkir mobil, terutama di tempat-tempat ramai. Pengemudi akan dengan mudah melihat tampilan mobil dari arah atas, kanan, kiri, belakang 360 derajat,” ujar Albert Lim, brand manager Asuka Car TV di IIMS 2022. 

Ia menuturkan, kecanggihan ini mampu mengingatkan serta memperlihatkan adanya objek yang bergerak di bagian belakang mobil. “Teknologi 3D pada kamera 360 di head unit ini akan memberikan kesan luas pada permukaan tanah (Bird eye view). Hal ini sangat membantu Anda saat parkir maupun sein di area yang ramai dan sempit,” katanya. 

Untuk kualitas kamera, MR-9032/1032AVM dibekali Lensa CMOS. Lensa ini memberikan kualitas HD pada kamera 360 derajat dengan gambar jelas, jernih, dan detail. Selain membantu yang baru belajar mobil maupun parkir, kamera 360 derajat juga sangat bermanfaat sebagai safety tools di dalam mobil.  

Tak hanya itu, head unit tersebut memiliki Smartphone Connectivity dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto, sehingga pengguna Smartphone Apple dan Android dapat mengintegrasikan smartphone dengan Head unit.   Fitur canggih lainnya adalah Voice Command, perintah suara berbahasa Indonesia. Teknologi canggih ini diperlukan, karena mempermudah pengemudi tetap fokus selama perjalanan. Melalui fitur tersebut head unit akan mengikuti perintah atau ucapan pengendara secara otomatis. 

Terdapat pula fitur split screen, yang mampu memutar musik video sambil tetap mengikuti aplikasi navigasi. Penggunaan internet bisa memanfaatkan smartphone untuk koneksi internet melalui Hotspot Tethering.  

Bagi yang tertarik, Head unit MR-9032/1032AVM dibanderol Rp 8.500.000. Di IIMS 2022, mereka juga mengenalkan head unit BM-Series Seri 2 Sound Quality Premium berbasis Android. Head unit ini dirancang dan dibekali Hardware DSP, Integrated Circuit (IC) suara yang dibuat produsen IC terbaik, Asahi Kasei Microdevices (AKM).   Asuka BM-Series 2 ini dibanderol mulai dari harga Rp 11.000.000. Head unit tersebut bisa disandingkan dengan berbagai macam frame OEM untuk masing-masing jenis mobil, serta CANBUS untuk mengintegrasikan sistem digital tombol Remote Setir.

  • Share