Aprilia Cetak Sejarah, Raih Pole Position Pertama di MotoGP

  • Share
Jakarta

Aprilia sukses menciptakan sejarah di MotoGP. Melalui pebalapnya, Aleix Espargaro, Aprilia mengukir pole position pertamanya di kelas premier. Torehan cemerlang ini didapatkan di MotoGP Argentina 2022 (1-3/2022).

Dikutip dari laman Crash, Espargaro sukses tampil impresif dan menyajikan performa bagus di sepanjang sesi latihan. Espargaro bertarung sengit dengan Jorge Martin untuk menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi.

Hasilnya, Aleix Espargaro berhasil mencetak sejarah bagi Aprilia di MotoGP dengan meraih pole position MotoGP Argentina bermodal catatan waktu 1 menit 37,6880 detik. Disusul Jorge Martin yang bakal start dari posisi kedua dan Luca Marini yang memulai balapan dari posisi ketiga.

Dilansir dari laman MotoGP, Aleix Espargaro menjadi pebalap pertama Aprilia yang meraih pole position sejak merek Italia ini mengikuti balapan MotoGP era 4-tak mulai 2002 silam.

Tak hanya itu, Espargaro juga menjadi pebalap yang berhasil meraih pole position MotoGP bersama 3 pabrikan berbeda, pada 2014 di Sirkuit Assen dengan Yamaha dan pada 2015 di Sirkuit Catalunya bersama Suzuki.

Secara khusus rekor juga diukir oleh Aprilia. Aprilia menjadi pabrikan ketiga yang berhasil meraih pole position di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina. Artinya, Aprilia bergabung dengan pabrikan-pabrikan beken yang pernah meraih pole position di sini, seperti Honda (5 kali) dan Ducati (1 kali).

Menariknya, bukan hanya Aleix Espargaro yang tampil moncer di sesi kualifikasi MotoGP Argentina 2022. Rekan setimnya, Maverick Vinales, juga tampil cukup baik dengan meraih posisi 5 bermodal catatan waktu 1 menit 38,1960 detik.

Ini juga menjadi rekor bagi Aprilia, di mana untuk pertama kalinya ada dua pebalap Aprilia di lima besar kualifikasi di kelas utama. Tentunya menarik untuk menyaksikan jalannya balapan MotoGP Argentina yang bakal digelar hari ini.

(lua/dry)

  • Share