Ada Usulan Perpanjang SIM Gratis, Setuju?

  • Share

Minggu, 3 April 2022 – 10:12 WIB

Oto Mobile – SIM alias Surat Izin Mengemudi wajib dimiliki dan dibawa oleh pengemudi kendaraan, makanya setiap lima tahun sekali pengemudi harus perpanjang SIM.

Anggota DPR RI dari Komisi III yakni Habiburokhman mengusulkan agar masyarakat tidak lagi mengeluarkan uang, untuk mengurus perpanjangan SIM dan penerbitan Surat Catatan Kepolisian (SKCK).

Usulan Habiburokhman ini ditujukan kepada Kakorlantas Irjen Firman dan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaiintelkam) Mabes Polri, Komjen Ahmad Dofiri, dalam rapat dengar pendapat komisi III, beberapa hari lalu.

“Soal pungutan terkait perpanjangan SIM, terutama SIM motor, kalau saya melihat untuk pembuatan SIM masih masuk akal, tapi kalau untuk perpanjangan SIM, kita masih pungut dari masyarakat apalagi kendaraan bermotor, saya pikir agak kurang pas,” ujar Habiburokhman dikutip Oto Mobile Otomotif dari siaran Komisi III DPR RI Channel, Minggu 3 April 2022.

Surat Izin Mengemudi.

Lebih lanjut Habiburokhman menambahkan, bahwa pihak yang berhubungan dengan perpanjangan SIM ini bukan BUMN, dan juga bukan perusahaan.

“Jadi tidak pada tempatnya kalau kita beri target tinggi-tinggian cari keuntungan, apalagi keuntungan dari rakyat yang kecil begitu,” bebernya.

  • Share