5 Cara Bikin Motor Matic Panjang Umur

  • Share
Jakarta

Setiap kendaraan tentu butuh perawatan, tak terkecuali pada motor matic Anda. Ini dilakukan agar motor matic bisa panjang umur dan sekaligus menemani Anda menempuh berbagai perjalanan. Supaya bisa awet, perawatan motor matic sebenarnya tidak sulit-sulit amat.

Berikut ada lima tips jitu merawat motor matic supaya bisa panjang umur seperti dikutip detikOto dari laman Wahana Honda.

1. Panaskan Mesin Secara Teratur

Memanaskan mesin merupakan salah satu rutinitas yang sebaiknya dilakukan para pemilik motor matic. Memanaskan mesin cukup berguna untuk menjaga kinerja mesin agar bisa terus stabil. Tidak perlu lama-lama, Anda bisa memanaskannya 5-10 menit.

2. Mengganti Oli Rutin

Seperti kendaraan lain pada umumnya, motor matic juga menggunakan oli. Nah, oli ini tentu butuh perawatan agar bisa memberikan performa optimal. Gantilah oli secara rutin, sesuai dengan anjuran di dalam buku servis yang diberikan. Umumnya, penggantian oli motor matic dilakukan setiap 1.000 km.

3. Mengatur Kecepatan

Tak bisa dipungkiri, saking mudahnya dikendarai pengendara kadang tak menyadari motor telah digeber dengan kencang. Perubahan kecepatan dari rendah ke tinggi ini bisa membuat mesin motor matic rusak. Sebisa mungkin hindari kebiasaan tersebut. Anda bisa mengendarai motor dengan kecepatan yang konstan.

4. Memeriksa Aki dan Busi

Aki motor matic juga bisa dicek secara berkala. Ini dilakukan untuk memastikan kondisi aki masih baik sekaligus menghindari motor tiba-tiba mogok di jalan. Selain aki, busi juga butuh dicek. Kondisi busi yang sudah kotor bisa membuat proses pembakaran alam mesin jadi terganggu.

5. Cek Vanbelt Berkala

Komponen lain yang harus dicek secara rutin adalah vanbelt. Motor matic menggunakan belt sebagai penggerak. Oleh karena itu, Anda perlu mengeceknya secara berkala guna menghindari vanbelt rusak ketika motor sedang digunakan berkendara.

Simak Video “Tes Yamaha Fazzio: Keren Desainnya, Irit Mesinnya!
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lua)

  • Share