Harga Pertamax Naik, Akali Dengan Bensin Oplosan

  • Share

Mulai 1 April lalu, bahan bakar jenis Pertamax mengalami kenaikan signifikan. Dari harga Rp 9.000/ liter melonjak menjadi Rp 12.500/liter, artinya ada kenaikan 35% .

Dengan kondisi ini maka mobil dengan pemakaian spesifikasi RON (research octane number) dihadapkan pada kenyataan yang cukup pilu.

Namun jangan berkecil hati, tetap ada jalan untuk mengakses bahan bakar dengan ketentuan oktan setara dengan Pertamax. Salah satu cara adalah dengan melakukan pengoplosan bahan bakar.

Harap tidak berfikir negatif, pengoplosan yang satu ini bukan hal yang ilegal dan bahkan bisa dilakukan di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

“Melakukan pengoplosan (pencampuran) bahan bakar menjadi cara paling jitu dan sederhana yang bisa kita lakukan,” terang HM Gazy Amin, Direktur PT Catur Bangun Putra salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi bahan bakar di Indonesia.

“Bukan mengajari yang tidak benar lho, tapi untuk mendapatkan BBM dengan RON yang baik dan sesuai bisa dengan cara melakukan pengoplosan jenis BBM dengan RON tinggi dengan BBM dengan RON yang lebih rendah,” terang Gazy beberapa waktu silam.

Dalam hal ini kita akan menggunakan dua bahan bakar yakni Pertalite (RON 90) dan Pertamax Turbo (RON 98). Di atas kertas pencampuran kedua akan menghasilkan nilai yang sama dengan Pertamax yakni RON 92.

Caranya dengan komposisi oplosan 2 (Pertalite) dan 1 (Pertamax Turbo).  Semisal pembelian 10 liter Pertalite dan dicampur dengan 5 liter Pertamax Turbo.

Teorinya kita jumlahkan angka RON dari keduanya dan disesuikan dengan komposisinya. Maka (90×2)+98= 278 , kemudian di bagi 3, akan menghasilkan angka RON 92,6. Dengan demikian penggabungan komposisi bahan bakar di atas akan setara dengan Pertamax.

Lalu bagaimana dengan harga?

Seliter Pertalite Rp 7.650/liter maka jika beli 10 liter harganya Rp 76.500. Sedangkan Pertamax Turbo Rp 14.500/liter,maka jika membeli 5 liter harganya Rp 72.500. Jumlah total Rp 149.000 untuk 15 liter dan nilai perliternya di angka Rp 9.983.

Memang ada kenaikan sebesar Rp 983/liter, namun angka ini lebih kecil dibandingkan dengan selisih harga Pertamax yang dijual saat ini dengan sebelum kenaikan harga.

Sebagai perbandingan, Jika dengan modal Rp 149.000 dapat 15 liter bensin ‘oplosan’,maka jika membeli bensin dengan harga Pertamax saat ini hanya mendapat 11,92 liter saja.

Selamat mencoba.

  • Share