Chery Resmi Comeback di Indonesia, Targetkan 100 Dealer dalam 2 Tahun

  • Share

Melalui seremoni peluncuran brand di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 pada Kamis (31/3), Chery kembali berkiprah di pasar otomotif Tanah Air.

Chery bukanlah pemain baru di industri otomotif Indonesia. Pabrikan asal Tiongkok ini sempat memasarkan Hatchback QQ dan SUV Tiggo pada periode tahun 2006 sampai 2012. Tak bisa dipungkiri, materi mereka saat itu masih kurang siap untuk bersaing dengan pabrikan-pabrikan asal Jepang yang sudah lebih dewasa.

Gambar Peluncuran Chery

Seremoni peluncuran brand Chery di IIMS 2022

Sepuluh tahun berselang, Chery akhirnya memutuskan untuk comeback dengan materi yang lebih matang. Kini mobil-mobil mereka hadir dengan desain yang lebih stylish dan familiar, build quality yang mumpuni, serta branding yang lebih baik. Sesiap apa mereka kali ini?

Fokus Memasarkan SUV

Tak sekadar membawa nama, Chery juga turut memamerkan beberapa mobil yang akan dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat. Mulai dari Chery Tiggo 8 Pro, Tiggo 7 Pro, dan Skytour yang dikategorikan Medium hingga Big SUV, OMODA 5 yang akan bersaing di kategori Compact SUV, serta mobil listrik EQ1.

>>> Review Chery Tiggo 4 Pro: Si Calon ‘Penjegal’ Honda HR-V

Gambar Chery Tiggo 7 Pro

Chery Tiggo 7 Pro akan menjadi salah satu ujung tombak di Indonesia

Dari line up tersebut, kami bisa menyimpulkan bahwa mereka akan fokus untuk bersaing di segmen SUV. Ini bukan pasar yang mudah, mengingat popularitas SUV di Indonesia sedang meningkat pesat. Tak ayal rival-rival asal Jepang mulai meluncurkan ‘jagoan’ mereka satu persatu untuk bersaing di segmen ini.

“Produk yang kami tampilkan ini yang akan kami hadirkan di pasar Indonesia. Semuanya merupakan produk paling laku penjualannya di pasar global, termasuk OMODA 5 yang juga akan diluncurkan,” papar Jerry Huang, Vice President PT Chery Motor Indonesia (CMI).

Melihat timeline mereka selama parade comeback, nampaknya Cherry Tiggo 7 Pro akan menjadi SUV pertama yang dipasarkan mengingat CMI telah memberi kesempatan bagi para awak media untuk mencoba langsung mobil itu.

Jika berkaca pada dimensi dan mesin yang diusung, SUV ini akan bersaing dengan Wuling Almaz RS, Honda CR-V, dan Mazda CX-5. Sementara Tiggo 8 Pro dengan mesin dieselnya akan menyasar Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Hyundai SANTA FE.

>>> Rencana Jangka Panjang Mobil Chery Di Indonesia

Siap Membangun Basis Produksi dan Jaringan Dealer

Melalui bendera yang dikendalikan langsung oleh principal di Tiongkok, PT Chery Motor Indonesia berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi yang tak hanya menyasar lingkup Asia Tenggara, melainkan secara global.

Gambar Perakitan Mobil

Semua mobil Chery nantinya akan dirakit di Indonesia

Pada saat yang sama, Chery menargetkan untuk membangun lebih dari 100 jaringan showroom di seluruh Indonesia dalam waktu dua tahun, yang mencakup kota-kota besar dan wilayah seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

Selain itu, mereka juga akan mendirikan pusat suku cadang di empat pulau utama di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi agar pasokan suku cadang dan layanan purna jualnya lebih cepat terpenuhi dan memberikan kenyamanan bagi konsumen.

Langkah-langkah ini menunjukkan keseriusan CMI untuk membangun merek ini di Indonesia. Melihat produk-produk yang mereka akan tawarkan, rasanya Chery siap untuk bersaing di pasar otomotif Tanah Air saat ini.

>>> Temukan Mobil Bekas Idaman Anda di Sini

  • Share