Kenalan Sama Platform E-GMP, Basis Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 – Berita Otomotif

  • Share

JAKARTA – Hyundai mendesain E-GMP sebagai platform mobil listrik yang diklaim mampu memberikan peningkatan fleksibilitas, performa mobil yang lebih bertenaga, peningkatan jarak tempuh, penguatan fitur keselamatan, hingga pemanfaatan ruang kabin lebih besar untuk penumpang dan bagasi.

“E-GMP jadi platform pertama yang digunakan di mobil listrik buatan Hyundai, dan bisa dikonfigurasi untuk menciptakan berbagai jenis mobil listrik,” ucap Bonar Pakpahan, Product Expert Hyundai, di pameran IIMS, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (1/4/2022).

E-GMP mengurangi kompleksitas yang ada melalui modularisasi dan standarisasi, memungkinkan pengembangan produk yang cepat dan fleksibel yang dapat digunakan di sebagian besar segmen kendaraan seperti sedan, SUV, dan lainnya.

Selain itu, pengembangan produk yang fleksibel dapat memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan akan performa kendaraan.

“E-GMP dirancang untuk meningkatkan performa di kondisi tikungan dan stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi. Hal ini diperlukan untuk distribusi bobot yang optimal antara bagian depan dan belakang,” ujarnya.

Desain ini juga memungkinkan titik berat kendaraan yang rendah karena adanya low-mounted battery pack, dan implementasi motor listrik yang terletak di ruang yang sebelumnya ditempati oleh mesin. 

Platform E-GMP mengamankan baterai melalui struktur pendukung yang terbuat dari baja berkekuatan sangat tinggi. Komponen baja dibentuk melalui proses pemanasan yang mengelilingi struktur ini juga memberikan kekokohan ekstra. 

Energi kinetik saat tabrakan dapat diserap secara efisien berkat dukungan di bagian penyerapan energi pada sisi body dan sasis, jalur beban energi yang efektif, serta bagian tengah dari pack baterai yang terikat erat ke badan kendaraan.

Selain itu, dengan memperkuat struktur bagian penopang beban yang terletak di depan dasbor, Hyundai telah mampu meminimalkan dampak energi kinetik akibat tabrakan pada sistem tenaga listrik dan baterai. 

E-GMP memaksimalkan ruang interior melalui wheelbase yang panjang, overhang depan dan belakang yang pendek, serta modul kokpit yang ramping. Dengan pack baterai yang tertanam di bawah lantai kabin, E-GMP menciptakan lantai kabin yang rata. 

Hal ini memberikan legroom yang lebih luas untuk penumpang sekaligus memungkinkan berbagai macam pengaturan untuk kursi depan dan belakang. [Tih/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

  • Share