Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 Mobil Listrik ‘Buatan Indonesia’

  • Share
Jakarta

Hyundai Ioniq 5 menjadi mobil listrik pertama yang dirakit di Pabrik Hyundai, Cikarang, Jawa Barat. Terdapat empat pilihan Ioniq 5 untuk pasar Indonesia, meski Hyundai belum merilis harga resmi.

“Sudah (diproduksi di Indonesia), ini adalah produksi kita. Produksi sudah mulai dari kemaren di Maret ini,” ujar Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur saat ditemui di IIMS 2022, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2022).

Makmur mengatakan Hyundai Ioniq 5 juga bakal diekspor ke mancanegara. Namun informasi detailnya belum terungkap.

“Semua produksi yang kita siapkan di sini pasti menjadi base, tergantung dari global, akan kita setting juga untuk ekspor pastinya,” ungkap Makmur.

Nah, bagaimana spesifikasi dari mobil bergaya crossover ini? seperti diketahui ada empat pilihan dari Hyundai Ioniq yakni Prime: Standard Range dan Long Range, dan Signatur: Standard Range dan Long Range. Perbedaannya terletak dari jarak tempuh hingga fitur-fitur.

Ioniq 5 merupakan mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Platform ini dapat digunakan di sebagian besar segmen kendaraan, seperti sedan, SUV.

Platform E-GMP ini diciptakan Hyundai Motor Group yang direncanakan bakal digunakan pada 23 model kendaraan listrik baru pada tahun 2025, dan akan memasok lebih dari 1 juta unit kendaraan listrik.

Desain

Soal desain, Ioniq 5 memiliki kesan sebagai mobil masa depan. Di sisi lain mobil ini merepresentasikan wujud Hyundai Pony, mobil Hyundai pertama di dunia yang dilahirkan pada tahun 1974.

Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS 2022Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS 2022 Foto: (Ridwan Arifin/detikOto)

Ketajaman karakter Ioniq 5 sudah terlihat dari sisi depan kendaraan yang dilengkapi dengan Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LEDs. Selain itu, kap mesin tipe clamshell membuat Ioniq 5 dapat mengoptimalkan sisi aerodinamika berkendara.

Desain parametrik juga ditonjolkan pada velg alloy berdiameter 20 inci (tipe Signature Long Range), menjadikannya mobil listrik Hyundai dengan dimensi roda terbesar dan unik.

Pada bagian belakang Ioniq 5 terdapat Parametric Pixel LED Rear Combination Lamps disertai dengan bentuk spoiler yang aerodinamis.

PT Hyundai Motor Indonesia hari ini memperkenalkan Ioniq 5 dalam ajang IIMS 2022. Ini merupakan mobil listrik murni atau battery electric vehicles (BEV) pertama buatan Indonesia.PT Hyundai Motor Indonesia hari ini memperkenalkan Ioniq 5 dalam ajang IIMS 2022. Ini merupakan mobil listrik murni atau battery electric vehicles (BEV) pertama buatan Indonesia. Foto: Agung Pambudhy

Di sisi samping, gagang pintu Ioniq 5 menggunakan tipe Flush Door Handles yang terlihat rata dengan body saat mobil dalam posisi terkunci. Flush Door Handles ini berfungsi secara manual pada tipe Prime dan bekerja otomatis pada tipe Signature.

Interior

E-GMP memaksimalkan ruang interior melalui wheelbase yang panjang, overhang depan dan belakang yang pendek, serta modul kokpit yang ramping.

Dengan pack baterai yang tertanam di bawah lantai kabin, E-GMP menciptakan lantai kabin yang rata. Hal ini memberikan legroom yang lebih luas untuk penumpang sekaligus memungkinkan berbagai macam pengaturan untuk kursi depan dan belakang.

PT Hyundai Motor Indonesia hari ini memperkenalkan Ioniq 5 dalam ajang IIMS 2022. Ini merupakan mobil listrik murni atau battery electric vehicles (BEV) pertamPT Hyundai Motor Indonesia hari ini memperkenalkan Ioniq 5 dalam ajang IIMS 2022. Ini merupakan mobil listrik murni atau battery electric vehicles (BEV) pertama buatan Indonesia.Interior Ioniq 5. Foto: Agung Pambudhy

Menariknya bahan unik yang digunakan pada Ioniq 5 adalah material jok yang terbuat dari botol PET daur ulang. Untuk setiap Ioniq 5, setidaknya ada 32 botol plastik yang disterilkan, dihancurkan, dan diparut menjadi serpihan plastik. Serpihan itu kemudian dicairkan dan dipintal menjadi benang yang membuat kain pelapis anyaman.

Sedangkan untuk kebutuhan infotainment dan konektivitas lain yang juga dimiliki oleh IONIQ 5 adalah 12.3-inch Full TFT LCD Touch Audio Display yang dapat terhubung ke smartphone secara nirkabel lewat fitur Bluetooth, atau disambungkan dengan kabel USB melalui USB multimedia port yang tersedia.

Saat dibutuhkan untuk mengecas smartphone, Ioniq 5 memiliki beberapa titik dan tipe pengecasan, yaitu terdiri dari wireless smartphone charging system (varian signature) yang terletak di konsol tengah, dua power outlet 12V yang terletak di konsol depan dan area bagasi, serta USB power outlets yang tersebar di empat titik di area baris depan hingga baris kedua.

Menariknya pada varian tertinggi, yakni Signature sudah terpasang vision roof, premium relaxation seat, pendingin dan pemanas kursi yang terpasang pada kursi pengemudi serta penumpang.

Fitur keamanan

Ioniq 5 dilengkapi dengan Hyundai SmartSense, sistem bantuan pengemudi mutakhir dari Hyundai. Fitur ini tersemat pada varian Ioniq 5 Signature, di antaranya:

  • High Beam Assist
  • Blind Spot Collision-Avoidance Assist
  • Driver Attention Warning
  • Smart Cruise Control
  • Lane Keeping Assist
  • Blind Spot View Monitor
  • Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist

Selain itu, Hyundai juga membekali fitur-fitur keselamatan pasif pada Ioniq 5. Ini sudah terpasang di seluruh varian Ioniq 5.

  • Anti-lock Brake System
  • Brake Assist System
  • Cruise Control
  • Electronic Stability Control
  • Hill-start Assist Control
  • Electric Parking Brake
  • 6 Airbag
  • Tire Pressure Monitoring System
  • Parking Distance Warning
  • View Monitor

Varian dan performa

Ioniq 5 memiliki 3 (tiga) mode berkendara atau Drive Mode yang memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan karakteristik berkendaranya sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, yaitu mode Normal, Sport, dan Eco. Mode berkendara ini juga akan mempengaruhi tampilan layar pada 12.3-inch Full TFT LCD instrument cluster yang terlihat menyatu dengan head unit.

Ioniq 5 menggunakan baterai lithium ion berkapasitas 58 kWh (varian prime standar dan signature standar) yang bisa menghembuskan tenaga 170 PS dan torsi 350 Nm. Sedangkan tipe Prime Long Range dan Signater Long Range menggunakan baterai berkaspasitas 72,6 kWh yang bisa memuntahkan tenaga 217 PS dan torsi 350 Nm.

PT Hyundai Motor Indonesia hari ini memperkenalkan Ioniq 5 dalam ajang IIMS 2022. Ini merupakan mobil listrik murni atau battery electric vehicles (BEV) pertama buatan Indonesia.Ioniq 5 Foto: Agung Pambudhy

Dari segi performa, tipe Prime Standard dan Signature Standard mampu membuat Ioniq 5 melaju dari 0 – 100 km/jam dalam kurun waktu 8,5 detik, sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu membuat mobil berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam kurun waktu 7,4 detik.

Ioniq 5 juga memiliki jarak tempuh yang lebih baik dari Kona dan Ioniq. Ioniq 5 tipe Prime Standard dan Signature Standard dapat dikendarai sejauh 384 KM bila baterai mobil sedang terisi penuh. Tidak hanya sampai di situ, IONIQ 5 tipe Long Range juga memiliki kemampuan jarak tempuh yang lebih mengesankan lagi, di mana tipe Prime Long Range bisa dikendarai sejauh 481 KM dan tipe Signature Long Range dapat menempuh jarak sejauh 451 KM (berdasarkan WLTP).

E-GMP juga membuat lini produk EV Hyundai, termasuk Ioniq 5, memiliki pilihan pengisian daya yang lebih bervariatif dan lebih cepat. IONIQ 5 membutuhkan waktu 5 jam (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 6 jam (tipe Prime Long Range dan Signature Long Range), untuk pengisian daya hingga 100% menggunakan fasilitas wall charger atau AC Charger.

Kemudian, EV ini membutuhkan 46 menit (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 57 menit (tipe Prime Long range dan Signature Long Range), untuk pengisian daya hingga 80% di fasilitas fast-charging atau DC Charger kapasitas daya 50kW. Dalam jangka panjang, Hyundai berencana menghadirkan fasilitas super fast-charging kapasitas daya 350 kW di Indonesia yang memungkinkan semua tipe IONIQ 5 dapat melakukan pengisian daya hingga 80% hanya dalam kurun waktu 18 menit.

Fitur seperti power bank

Menariknya Ioniq 5 sudah dibekali fitur Vehicle to Load (V2L) untuk varian tertinggi Signature. Ini memungkinkan penggunanya memperoleh daya listrik mobil sebesar 3,6 kW yang dapat digunakan secara bebas untuk mengisi daya perangkat listrik apapun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah.

PT Hyundai Motor Indonesia hari ini memperkenalkan Ioniq 5 dalam ajang IIMS 2022. Ini merupakan mobil listrik murni atau battery electric vehicles (BEV) pertama buatan Indonesia.PT Hyundai Motor Indonesia hari ini memperkenalkan Ioniq 5 dalam ajang IIMS 2022. Ini merupakan mobil listrik murni atau battery electric vehicles (BEV) pertama buatan Indonesia. Foto: Agung Pambudhy

Arus listrik V2L dapat diperoleh dari dua sumber yang dapat dipakai bersamaan, yaitu dari port pengisian daya di bagian luar yang dapat difungsikan saat mobil dalam kondisi berhenti atau mati, atau dari port yang terletak di bagian dalam atau tepatnya di bawah kursi baris kedua yang tetap bisa digunakan sekalipun mobil tengah dikendarai.

Harga

Harganya masih belum dirilis, tapi Makmur bilang posisi Ioniq berada di atas Kona EV dan Ioniq. Seperti diketahui Kona EV Signature saat ini dijual Rp 734,9 juta dan Ioniq dibanderol Rp 715,7 juta. Mobil sudah bisa dipesan dan mulai didistribusi ke dealer pada bulan April 2022.

“Ini adalah kelas untuk crossover jadi di atas dari EV sebelumnya. Kapasitas kilometernya juga lebih jauh dari yang sebelumnya. Jadi kalau yang sebelumnya kan 300 kilometer, sekarang ini kita around di 480 kilometer,” kata Makmur.

“Masalah harga akan diinformasikan lebih lanjut,” tambah dia.

Simak Video “Kode Keras! Harga Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Sudah Terdaftar di Samsat
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

  • Share