Suzuki Pamer Teknologi Hybrid, Beda dengan Ertiga Diesel

  • Share
Jakarta

Suzuki Indomobil Sales (SIS) memamerkan platform mobil berteknologi hybrid. Meski belum disebutkan untuk mobil apa sistem hybrid ini, Suzuki memastikan bahwa sistem ini berbeda dengan Ertiga Diesel Hybrid yang sempat diluncurkan pada 2017 dan telah di-discontinue.

Hal itu disampaikan oleh Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Salah satu perbedaan mendasar adalah sistem hybrid yang dipamerkan Suzuki di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 ini menggunakan baterai lithium-ion.

“Jenis hybrid menurut kami adalah Suzuki Smart Hybrid. Kalau rekan-rekan flashback di tahun 2017 kami juga pernah memperkenalkan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. Akan tetapi yang saya mau garis bawahi bahwa teknologi hybrid ini terus berkembang di Suzuki. Jadi tidak menutup kemunngkinan Suzuki terus memperbarui teknologi hybrid tersebut. Dan saat ini teknologi hybrid tersebut bisa dibilang berbeda dengan teknologi diesel hybrid yang lalu,” ujar Donny saat ditemui di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Platform mobil hybrid SuzukiPlatform mobil hybrid Suzuki Foto: Ridwan Arifin/detikOto

“Yang bisa saya highlight penggunaan motor ISG, integrated starter generator, yang baru dan penggunaan lithium ion battery,” ujar Donny.

Sebelumnya, teknologi hybrid yang pernah diperkenalkan Suzuki di tahun 2017 dengan model Ertiga Diesel Hybrid terbilang sebagai hybrid ringan. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid menggunakan mesin diesel dengan motor listrik yang didukung oleh aki 70 Ah. Ada tiga komponen utama di sistem ini yaitu mesin diesel D13A, baterai khusus 70 Ah dan Integrated Starter Generator (ISG).

ISG memiliki dua fungsi dasar. Pertama sebagai generator di mana saat deselerasi ISG menangkap energi untuk charge ulang energi dan menyimpannya di baterai. Yang kedua ISG sebagai motor yang memberikan tambahan torsi ke mesin, saat akselerasi.

Sementara pada platform hybrid baru Suzuki ini telah menggunakan baterai lithium-ion, bukan cuma aki. Donny enggan membocorkan untuk mobil apa sistem hybrid ini. Namun ada rumor yang menyebut bahwa Suzuki bakal memperkenalkan Ertiga dan XL7 hybrid.

Rumor itu semakin menguat pada tahun lalu dari bocoran yang diungkapkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Menurut Agus Gumiwang, Suzuki akan menambah investasi sebesar Rp 1,2 triliun di Indonesia. Investasi itu ditanamkan untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan Suzuki di Indonesia. Disebutkan, Suzuki Ertiga dan Suzuki XL7 akan disematkan teknologi mild hybrid.

“Saya bertemu Suzuki. Sampai 2024 itu Suzuki akan menambah investasi Rp1,2 triliun dan ini akan menjadi basis pengembangan Ertiga dan juga XL7 yang basisnya mild hybrid,” kata Agus, Maret 2021 lalu.

Simak Video “Suzuki Luncurkan XL7 FF di Hari Pertama IIMS 2022
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

  • Share