Harga Naik, Suzuki Yakin Mobil Tetap Laku

  • Share

Jumat, 1 April 2022 – 19:54 WIB

Oto Mobile – Suzuki menjadi salah satu produsen otomotif, yang beberapa produk mobilnya mendapatkan relaksasi pajak barang mewah atau PPnBM dari pemerintah. Namun, mulai hari ini insentif tersebut sudah berakhir.

Hal itu otomatis membuat harga jual kendaraan kembali ke posisi semula, tanpa ada diskon PPnBM. Namun, angkanya mulai bulan ini justru bertambah akibat pemberlakuan kenaikan pajak pertambahan nilai atau PPN dari 10 menjadi 11 persen.

Adanya selisih satu persen mungkin tampak kecil, tapi dengan banderol mobil yang angkanya ratusan juta rupiah membuat kenaikan harga bisa mencapai jutaan rupiah.

Meski demikian, Suzuki Indonesia mengaku tetap optimistis penjualan mobil tetap meriah. Hal itu diutarakan langsung oleh 4W Director Marketing PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra.

Suzuki XL7 Alpha FF

“Pemerintah membuka keran untuk mudik, ekonomi jadi bergerak. Kalau ada pergerakan, ada mobilitas maka harapan kami mampu menumbuhkan ekonomi dan permintaan,” ujarnya di pameran IIMS 2022, dikutip Oto Mobile Otomotif Jumat 1 April 2022.

Donny mengaku, momen penetapan kenaikan PPN dan habisnya masa berlaku PPnBM untuk kendaraan yang harga jualnya di bawah Rp250 juta bersamaan dengan adanya pelonggaran mobilitas sehingga dampaknya tidak terlalu besar.

  • Share