Toyota Merilis GR Corolla, Lebih Bertenaga Ketimbang GR Yaris

  • Share

Setelah Toyota GR Yaris begitu diminati konsumen, Toyota Gazoo Racing (TGR) kini memperkenalkan GR Corolla yang mengusung mesin turbo tiga silinder 1.600 cc. Sayangnya peluncurannya baru terendus di California, AS, pada Kamis (31/3) waktu setempat. Toyota menyatakan mobil ikonis tersebut juga akan dipasarkan di Jepang pada semester kedua 2022.

“Menghadirkan kembali Corolla yang telah memikat pelanggan kami,” kata Presiden Toyota Akio Toyoda, dalam siaran pers Toyota Global, Jumat.

GR Corolla menggunakan mesin turbo intercooler tiga silinder 1.600 cc yang lebih kuat dari mesin GR Yaris. Mesin Corolla versi sport ini mampu mengeluarkan output maksimum 304 HP, sedangkan GR Yaris sebesar 272 HP.

GR Corolla mengadopsi sistem GR-FOUR 4WD yang juga terdapat pada GR Yaris. Sistem GR-FOUR 4WD menggunakan electronic multi-plate clutch guna memberikan gaya penggerak depan dan belakang yang bervariasi.

Kendati demikian, 4WD pada mode “Drive” GR Corolla mampu mengontrol respons akselerator, kemudi, dan lainnya secara terpisah sehingga pengemudi bisa memilih preferensi sesuai gaya menyetir atau kondisi jalanan.

Stabilitas GR Corolla juga dioptimalkan dengan penggunaan pillow-ball bushings, shock absorbers dan per yang dioptimalkan serta wheel alignment yang sesuai dengan transmisi GR-FOUR. Hal itu dapat memberikan performa tinggi saat mobil menikung.

Untuk bodinya, GR Corolla menggunakan basis Toyota Corolla Sport namun dengan memperlebar roda depan sejauh 60 mm dan 85 mm pada belakang. Kendati demikian, mobil itu tetap bisa mengangkut lima penumpang sehingga bisa digunakan sebagai moda mobilitas sehari-hari.

Meski demikian, Toyota belum mengumumkan harga untuk GR Corolla versi Amerika itu karena mobil ini hanya akan diedarkan dalam jumlah yang terbatas.

  • Share