Belum Sebulan Recall, 2.000 Unit Raize Masuk Bengkel & Diperbaiki – Berita Otomotif

  • Share

JAKARTA – Beberapa ribu unit Toyota Raize sudah masuk bengkel dan diperbaiki, belum sebulan setelah recall dipublikasikan.

Sekadar mengingatkan, recall (penarikan dan perbaikan gratis) untuk Raize diumumkan pada 11 Maret 2022 karena adanya potensi masalah pada fender apron depan. ‘Saudaranya’ yang sama-sama meluncur pada April 2021, Daihatsu Rocky, juga mengalami ‘nasib’ sama.

“Sampai saat ini sudah ada 2.000 unit yang diperbaiki… Cukup lumayan, mirip dengan kira-kira satu bulan penjualan (Raize),” kata Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers virtual pada Jumat (1/4/2022).

“Angka booking (janji dengan bengkel) saya tidak pegang. Tapi sudah jauh lebih besar daripada 2.000 unit. Jadi, sudah banyak yang menyadari kampanye ini juga,” lanjut dia.

Toyota Raize

Total Raize yang terkena recall sendiri mencapai 14.777 unit dari periode produksi November 2020 sampai Oktober 2021. Unit-unit produksi sebelum April 2021 ditujukan bagi pasar ekspor, sementara unit-unit terdampak recall di Indonesia baru dirakit mulai bulan tersebut.

Anton mengakui jumlah unit yang masuk bengkel dalam program recall Raize sampai sekarang belum sesuai ekspektasi mereka. Menurut Toyota, bisa jadi penyebabnya terkait kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia sejak Maret 2020 hingga detik ini.

“Memang masih banyak faktor-faktor dari pandemi, ya, yang walaupun sudah menurun tidak bisa memperlancar (kampanye recall) seperti yang kami rencanakan,” pungkasnya.

Toyota Raize

Anton berharap sepanjang April terjadi peningkatan partisipasi recall Raize yang cukup banyak. Soalnya, sebagian masyarakat bulan ini dipercaya mempersiapkan diri dan kendaraan untuk mengikuti mudik Lebaran Idul Fitri yang rencananya diperbolehkan oleh pemerintah.

“Mudah-mudahan di bulan ke depan ini bisa segera meningkat, bersamaan dengan mungkin servis (persiapan mudik) Lebaran… Mudah-mudahan angka ini (2.000 unit) bertambah terus lalu kami segera bisa mencapai angka yang kami inginkan dan membereskan recall Raize,” papar dia.

Potensi masalah pada fender apron depan tepatnya berada di dudukan shock breaker. Pangkal masalahnya adalah ketidaktepatan titik pengelasan yang masih dikerjakan oleh manusia.

Perbaikan Raize di bengkel resmi akibat recall tersebut diperkirakan membutuhkan 7,6 jam kerja. [Xan]

  • Share