Euro IV dan PPN 11%, Harga Fortuner dan Innova Diesel Naik Rp 12 Juta

  • Share

PPN 11% per 1 April 2022 dan pemberlakukan emisi standar Euro IV membuat harga Fortuner dan Kijang Innova Diesel mengalami kenaikan hingga Rp 12 jutaan.

Sejalan dengan peraturan mengenai standar emisi Euro IV serta PPN 11% yang diberlakukan per 1 April 2022, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan bahwa mereka sudah menambahkan pengaturan tersebut terhadap mobil bermesin diesel mereka. Hal ini membuat harga mobil Toyota mengalami kenaikan.

Standar Emisi Euro IV

Dijelaskan dalam media gathering pada hari Jumat, (1/4/2022), Anton Jimmy Suwandi selaku Marketing Director PT TAM mengungkapkan bahwa 6 model kendaraan Toyota bermesin diesel sudah memenuhi standar emisi Euro IV.

Toyota Land Cruiser 2022 mendapatkan standar emisi Euro IV
Ada tiga model yang sudah menerima perubahan emisi standar Euro IV

>>> Jangan Kaget, Harga Kendaraan Diesel Bakal Naik karena Aturan Euro 4

Dalam keterangannya, Anton menjelaskan bahwa 6 model tersebut terbagi menjadi 3 mobil penumpang, yaitu Kijang Innova, Fortuner, dan Toyota Land Cruiser yang baru saja diperbarui beberapa waktu lalu. 3 model lainnya yaitu kendaraan niaga, yaitu Toyota Dyna, Hilux, dan Hiace.

Kendaraan dengan emisi buang Euro IV sendiri diharuskan memiliki kandungan nitrogen oksida tidak boleh lebih dari 80 miligram per kilometer untuk mesin berbahan bakar bensin, dan kurang dari 250 miligram per kilometer untuk kendaraan diesel serta 25 miligram per kilometer untuk diesel particulate matter.

>>> Kenaikan Harga BBM Dunia, Termahal Capai Rp 41 Ribu per Liter

Perubahan harga dikarenakan PPN 11%

Anton membenarkan jika perubahan emisi standar mempengaruhi harga mobil. Hal ini dikarenakan mobil dengan emisi buang Euro IV memiliki komponen yang sedikit berbeda apabila dibandingkan dengan mobil dengan emisi Euro II.

“Pastinya ada penyesuaian karena beberapa parts yang memang harus ditambahkan, gitu ya. Range-nya cukup bervariasi. Dari yang di bawah 10 juta sampai di atas 50 juta,” ungkap Anton.

mobil baru Toyota Kijang Innova Venturer di Indonesia
Harga Innova Diesel mengalami kenaikan hingga Rp 12 jutaan

Ia mengungkapkan untuk tipe Fortuner Diesel dan Innova Diesel mengalami kenaikan maksimal Rp 11 juta hingga Rp 12 jutaan. Sedangkan harga Toyota Hilux naik sekitar Rp 8 juta sampai Rp 9 jutaan pada semua modelnya.

Anton menambahkan bahwa kenaikan harga tersebut bukan hanya dikarenakan penambahan komponen untuk mengikuti standar emisi Euro IV. Tapi penerapan PPN 11% yang mulai diberlakukan per 1 April 2022 juga memberikan dampak besar.

“Mungkin supaya clear bahwa kenaikan harga tadi tidak hanya masalah Euro IV. Karena di April ini kita juga tidak lupa ada kenaikan VAT (Value-Added Tax atau PPN) dari 10% menjadi 11%,” tutup Anton.

>>> Simak harga Toyota Kijang Innova terbaru dan promo menarik hanya di sini

  • Share