Tarif Tol Cipali Tiba-tiba Naik, Segini Besarannya – Berita Otomotif

  • Share

JAKARTA — Tarif baru Jalan Tol Cikopo—Palimanan telah ditetapkan oleh Astra Tol Cipali sebagai pihak pengelola untuk semua golongan kendaraan.

Untuk jarak terjauh dari Cikopo ke Palimanan, pengguna jalan tol harus menyiapkan dana Rp11.500 hingga Rp24.000 lebih besar dari sebelumnya.

Di bawah adalah rincian perbandingan tarif tol terjauh Tol Cipali sebelum dan sesudah perubahan untuk semua golongan kendaraan.

  • Gol. I: Rp107.500 – Rp119.000 (naik Rp11.500)
  • Gol. II & III: Rp177.000 – Rp196.000 (naik Rp19.000)
  • Gol. IV & V: Rp222.000 – Rp246.000 (naik Rp24.000)

Firdaus Aziz, Presiden Direktur dari Astra Tol Cipali, mengungkapkan perlunya kenaikan tarif ini untuk peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan tol.

“Astra Tol Cipali senantiasa berupaya meningkatkan layanan terbaik di berbagai bidang kepada seluruh pemangku kepentingan,” ucap Firdaus.

Kebijakan menaikkan tarif Tol Cipali ini juga tertuang di dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 263/KPTS/M tahun 2022 tentang penyesuaian tarif tol pada jalan Tol Cipali.

GM Operasional Astra Tol Cipali, Suyitno mengungkapkan bahwa perubahan tarif di ruas jalan tol dengan panjang 116 km ini merupakan “suatu normatif dalam undang-undang dan peraturan pemerintah”.

Pertimbangan lain dari kenaikan tarif Tol Cipali adalah berdasarkan perkembangan inflasi daerah di sekitar ruas Tol Cipali dalam 2 tahun terakhir.

Demikian hal tersebut dikatakan Direktur Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo.

“Kenaikan ini sesuai inflasi 2 tahun wilayah sekitar tol Cipali dan pembangunan infrastruktur yang sudah kita lakukan,” jelas Agung.

Hal ini tentu menjadi satu bahan pikiran untuk masyarakat, mengingat bulan Ramadan akan tiba sebentar lagi. Untuk masyarakat yang pulang kampung atau mudik ke arah Jawa atau Bali menggunakan mobil pribadi harus mempersiapkan dana perjalanan yang lebih banyak lagi. [ABP/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

  • Share