Naik Jadi Rp12.500, Harga Pertamax Disebut Lebih Murah dari Seharusnya – Berita Otomotif

  • Share

JAKARTA – Harga baru Pertamax sudah berlaku. Pertamina menyebut bahwa kenaikan banderolnya masih di bawah harga keekonomian.

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi tersebut, menurut keterangan resmi Pertamina yang diterima Mobil123.com, diterapkan mulai Jumat (1/4/2022) pkl.00:00 waktu setempat.

Banderol Pertamax yang tadinya di bawah Rp10 ribu pun menjadi antara Rp12.500 hingga Rp13 ribu, tergantung daerah.

Untuk DKI Jakarta dan sekitarnya, menurut penelusuran di situs resmi Pertamina, harga BBM jenis ini Rp12.500. Harga tertinggi yakni Rp13 ribu diberlakukan di Riau, Kepulauan Riau, Kodya Batam (FTZ), Bengkulu.

Adapun penyebab koreksi harga Pertamax mulai bulan keempat 2022 adalah krisis geopolitik di Rusia dan Ukraina yang masih terjadi sampai sekarang. Ini menyebabkan meroketnya banderol minyak dunia sampai melebihi 100 dollar AS per barel.

Harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) pada 24 Maret 2022, misalnya, mencapai 114,55 dollar AS per barel. Terdapat lonjakan nilai jual yang menyentuh lebih dari 56 persen jika dibandingkan dengan pada Desember 2021, ketika masih 73,36 dollar AS per barel.

Pertamina terpaksa menaikkan harga Pertamax untuk menjaga komitmen penyediaan serta penyaluran BBM ke seluruh Indonesia dan menekan beban keuangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN tersebut).

Meski begitu, persentase maupun nominal kenaikan harga Pertamax disebut masih lebih murah ketimbang semestinya karena memikirkan kondisi perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Oleh karenanya, Pertamina juga melakukan efisiensi ketat di seluruh lini operasi.

Sekadar informasi, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi melalui pernyataan pers sebelumnya menyatakan harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 pada April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp. 14.526 per liter. Kemungkinan di kisaran Rp. 16 ribu per liter.

“Pertamina selalu mempertimbangkan daya beli masyarakat,  harga Pertamax ini tetap lebih kompetitif di pasar atau dibandingkan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya. Ini pun baru dilakukan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, sejak tahun 2019,” ujar Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting. [Xan/Dms

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<]

  • Share