Toyota Kijang Innova EV, Sebuah Wahana Studi Khusus Indonesia

  • Share

Kendaraan listrik sudah bisa dipastikan akan menjadi masa depan dunia otomotif di dunia, tak terkecuali Indonesia. Perusahaan otomotif Indonesia pun bersaing untuk menghadirkan teknologi elektrifikasi pada lini produksinya, tak terkecuali Toyota.

Bahkan pabrikan berlogo Three Ovals ini mengambil inisiatif untuk menghadirkan sebuah bentuk konversi dari sebuah kendaraan bermesin konvensional menjadi kendaraan yang sepenuhnya digerakkan oleh tenaga listrik. Hal tersebut hadir dalam wujud sebuah kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) yang dibuat dari basis sebuah Toyota Kijang Innova.

Perlu digarisbawahi sosok mobil yang berlabel Toyota Kijang Innova EV Concept masih belum diproduksi untuk tujuan komersial. Namun mobil yang dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta mulai 31 Maret hingga 10 April mendatang ini telah melewati tahap quality and safety assurance pengecekan internal. Artinya mobil ini sudah bisa berfungsi sebagaimana mobil listrik pada umumnya.

“Meski sudah siap dikendarai, penggunaan Toyota Kijang Innova EV Concept baru untuk kepentingan studi dan sosialisasi,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, seusai melakukan test drive Toyota Kijang Innova EV Concept di Arena IIMS, Kamis (31/03).

“Hingga saat ini, tujuan memperkenalkan mobil ini adalah untuk studi dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat. Kijang Innova EV Concept sebagai simbol komitmen Toyota terhadap ekosistem utama kendaraan listrik, dengan memanfaatkan pendekatan model lokal dan kendaraan listrik guna mengetahui kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia,” tambah Henry.

Kehadiran Innova EV ini, bukan semata merupakan ajang pamer teknologi dari Toyota. Statusnya sebagai sebuah studi dapat dikatakan bahwa mobil ini sebagai wahana eksperimental khususnya bagi perkembangan mobil listrik untuk Indonesia

“Dari unit yang dikembangkan ini kami akan melakukan berbagai pengujian tentang mobil listrik yang hasilnya paling ideal dengan kondisi Indonesia,” terang Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor saat ditemui di booth Toyota. “Hal  ini penting agar ke depan, kita dapat senantasa menawarkan pilihan yang beragam pada pelanggan diberbagai wujud kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan pasar,” tutupnya.

  • Share