Toyota Bawa Innova Listrik, Begini Respons Hyundai

  • Share
Jakarta

Toyota mengejutkan publik dengan menghadirkan Innova EV Concept dalam ajang Indonesia International Motor Show 2022. Hyundai, yang sejauh ini jadi pabrikan yang paling gencar mempromosikan mobil battery electric vehicles (BEV) di Tanah Air, buka suara perihal kemunculan Innova listrik.

Hyundai bukan cuma jadi pabrikan yang terlihat paling serius bermain di pasar mobil listrik Indonesia, pabrikan asal Korea Selatan tersebut bahkan menjadi merek pertama yang memproduksi mobil listrik di Indonesia, lewat Ioniq 5. Ya, Crossover tersebut merupakan mobil listrik murni atau battery electric vehicles (BEV) pertama buatan Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

Bagaimana respons Hyundai dengan munculnya Innova Concept EV?

“Semakin bagus dengan banyak pilihan bagi konsumen. Menurut saya itu sangat baik,” ujar Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur saat ditemui di IIMS 2022, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2022).

Hyundai merespons positif dengan hadirnya brand lain yang ikut memasarkan mobil listrik di Indonesia. Menurutnya setiap pabrikan bisa memanfaatkan insentif yang diberikan pemerintah Indonesia.

Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS 2022Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS 2022 Foto: (Ridwan Arifin/detikOto)

“Saya mungkin berbicara dari sisi brand apapun, cuma sesuai peraturan dan planning pemerintah, ekosistem kan sudah mereka minta untuk berkembang semakin maju. Makanya mereka sudah minta, dan sudah siapkan melalui peraturan beserta insentif yang diberikan,” ujar Makmur.

“Kita pun dari sisi Hyundai kita sudah akomodir hal tersebut, kita siapkan produknya, infrastrukturnya, dan juga network beserta charging station,” tambah dia.

Seperti diketahui Hyundai belum memasarkan model mobil listrik yang segmennya digemari orang Indonesia, yakni MPV. Lalu kemudian muncul Innova. Apakah hal ini bikin Hyundai khawatir?

“Semakin baik jika ada pilihan bagi konsumen,” singkat dia.

Toyota-Astra Motor (TAM) mengatakan proyek Kijang Innova BEV concept study car bertujuan mengeskalasi kemampuan engineer Indonesia serta mengembangkan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) nasional di bidang elektrifikasi.

Toyota mengklaim Kijang Innova EV Concept adalah mobil dengan brand nasional yang pertama dirancang sepenuhnya menggunakan listrik sebagai sumber daya penggerak (power engine).

“Hingga saat ini, tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk studi dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat. Kijang Innova EV Concept sebagai simbol komitmen Toyota terhadap ekosistem utama kendaraan listrik, dengan memanfaatkan pendekatan model lokal dan kendaraan listrik guna mengetahui kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto.

Simak Video “Shin Tae-yong Dapat Hadiah Dua Mobil Baru
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

  • Share