Jika Harga Pertamax Naik, Cek Jenis Bensin yang Cocok untuk Mobil Anda

  • Share

Rabu, 30 Maret 2022 – 12:54 WIB

Oto Mobile – Harga bensin Pertama bisa menembus harga Rp16 ribu per liter pada April 2022, hasil proyeksi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kenaikan ini  didasari dengan harga minyak mentah internasional yang tinggi saat ini.

“Harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 bulan April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp16.000 per liter,” ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi.

Jika para pemilik kendaraan ingin mengganti Pertamax menjadi pertalite atau premium, lebih baik kenali dulu jenis mesin pada mobil Anda. Sebab tidak menggunakan BBM yang tidak sesuai kebutuhan dalam jangka waktu panjang bisa membuat proses pembakaran tidak sempurna.

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan bila penggunaan BBM yang sesuai dengan research octane number (RON) akan menghasilkan pembakaran yang baik di ruang mesin. Maka dari itu, Suzuki mengimbau agar pengendara menggunakan BBM dengan oktan tinggi atau sesuai dengan kebutuhan mesin mobil.

Berikut beberapa jenis BBM:

1. Bahan Bakar Oktan 90

BBM yang memiliki oktan 90 dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1. Kualitas yang dimiliki tergolong cukup baik untuk keperluaan sehari-hari, dan sebagai kelebihannya BBM oktan 90 memiliki harga jual yang paling terjangkau. BBM oktan 90 dapat memenuhi kebutuhan mobil seperti New Carry Pick Up dan APV.

  • Share