Mobil Pelat RFS Ngebut di Tol Bebas Tilang Elektronik?

  • Share

Rabu, 30 Maret 2022 – 10:38 WIB

OtoMobile.id – Korps Lalu Lintas Polri bersama PT Jasa Marga beberapa hari lagi akan mulai menerapkan sistem tilang elektronik di jalan tol, yakni per 1 April mendatang.

Sejumlah kamera khusus yang bisa memantau kecepatan kendaraan, akan dipasang di ruas-ruas tertentu. Apabila pengemudi melaju dengan kecepatan di atas batas yang sudah ditentukan, maka otomatis akan dikenakan sanksi berupa surat tilang.

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan bahwa pihaknya memberikan toleransi batas kecepatan kendaraan di jalan tol.

“Jika mobil melaju di atas kecepatan 120 kilometer per jam, maka sudah otomatis terekam kamera ETLE. Kemudian, akan diverifikasi hingga akhirnya mendapatkan bukti pelanggaran dan surat tilang dari kepolisian,” ujarnya, dikutip OtoMobile.id Otomotif dari laman Korlantas Polri, Rabu 30 Maret 2022.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Kilometer 28, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Kilometer 28, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sejauh ini, kamera pemantau kecepatan itu sudah terpasang di lima ruas jalan tol, mulai dari Jakarta-Cikampek jalur bawah maupun MBZ, ruas jalan tol dalam kota, ruas jalan tol Kunciran-Cengkareng, serta ruas jalan tol Sedyatmo arah Bandara Soekarno-Hatta.

Lantas, bagaimana dengan mobil-mobil yang menggunakan pelat nomor berakhiran RFS, yang biasa disebut dengan istilah pelat dewa karena dianggap oleh masyarakat umum kebal dari hukum?

  • Share