Ini Kelebihan dan Kekurangan Vios Gen 3, Sedan Murah Rp 80 Jutaan

  • Share

Ingin mendapatkan sedan bekas murah dengan harga hanya Rp 80 jutaan saja? Intip apa saja yang bisa didapatkan dari Toyota Vios gen 3 yang banyak ditemui.

Toyota Vios gen 3 masih tetap menawan meski pasar mobil bekas saat ini dipenuhi dengan SUV dan MPV yang semakin meningkat popularitasnya. Konsumsi BBM yang irit serta kenyamanan berkendara bersama mobil ini menjadi sorotan. Lalu, apa saja kelebihan mobil yang saat ini sudah bisa didapatkan dengan harga Rp 80 jutaan ini?

Kelebihan Vios Gen 3

Sebagai sedan kompak populer Toyota, Vios dikenal memiliki kenyamanan yang tak kalah dibandingkan dengan sedan premium lainnya. Dimensinya yang kompak membuatnya mudah meliuk-liuk di jalanan perkotaan yang dinamis. Berikut berbagai kelebihan generasi ketiga Vios yang bisa dirasakan.

1. Desain long lasting

Tak bisa dipungkiri jika desain merupakan masalah selera. Hanya saja tampilan luar Vios generasi ketiga terasa lebih modern dibandingkan pendahulunya yang masih menggunakan lampu depan yang lebar. Walaupun mobil ini hampir berumur 10 tahun, tapi tampilannya tak kalah dibandingkan dengan model yang baru meluncur.

Toyota Vios gen 3 keluaran tahun 2013
Desain luar Vios 2013 yang sudah terasa modern

Tapi bagi Anda yang ingin mengubah atau memodifikasi mobil ini untuk mendapatkan tampilan yang lebih segar, banyak bengkel aksesoris dan modifikator yang menyediakan perlengkapan mobil ini. Mulai dari body kit, penambahan spoiler, penggantian jok mobil, hingga velg dan ban bisa dengan mudah ditemukan.

2. Ruang kabin lega

Ada banyak alasan mobil ini digunakan oleh armada taksi, salah satunya yaitu desain interior yang menawarkan kabin lega untuk penumpang di baris kedua. Penggunakan jok berlapis fabric tentunya menghadirkan rasa nyaman tersendiri. Didukung pula dengan ruang bagasi yang cukup luas.

interior Vios gen 3 berwarna hitam
Tampilan dalamnya terasa lega dengan segala fiturnya

Selain itu, bangku belakang sudah cukup rebah. Membuat perjalanan jauh bersama mobil ini terasa menyenangkan. Walaupun memang jika dibandingkan model terbaru, belum ada fitur penunjang kenyamanan, seperti port USB maupun armrest.

3. Spare part banyak ditemui

Sebagai bagian dari mobil Toyota yang banyak ditemui di pasaran, keuntungan lainnya menggunakan mobil ini adalah spare part yang banyak ditemui. Jadi ketika ada komponen yang rusak dan butuh diganti, Anda bisa menemukannya pada bengkel resmi Toyota maupun bengkel umum. Dan seperti yang dijelaskan tadi, komponen untuk modifikasi juga bisa ditemukan dengan mudah.

>>> Mobkas Rp 40 Jutaan, Intip Modif Vios Gen 2 Ex-Taksi yang Dibikin Kece

4. Irit BBM

Vios menggunakan mesin 1NZ-FE berkapasitas 1.5 liter dengan tenaga maksimal 107 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan. Sudah cukup bertenaga untuk pemakaian di dalam kota.

mesin Toyota Vios gen 3 tahun 2013
Mesinnya berkapasitas 1.5 liter yang dikenal bandel dan irit BBM

Vios dikenal memiliki mesin yang tangguh dan bandel, minim perawatan, dan yang paling menguntungkan adalah irit BBM. Sehingga mobil ini seringkali digunakan oleh armada taksi. Terlebih suspensinya empuk dan handling kemudi sudah cukup baik bagi sebuah sedan.

5. Fitur lebih lengkap dibanding pendahulunya

Jika dibandingkan dengan dua generasi sebelumnya, edisi ketiga memang menawarkan lebih banyak teknologi. Mulai dari head unit layar sentuh dengan HDMI dan mirroring smartphone, kemudi sudah dilengkapi dengan kontrol audio, serta AC digital otomatis. Selain sistem pengereman ABS dan EBD, mobil ini juga sudah dilengkapi Keyless Entry dan Engine Start/Stop Button.

>>> Pahami 6 Perbedaan Vios dan Limo Supaya Tak Tertipu

Kekurangan Vios Gen 3

Tapi dari semua kelebihan yang ditawarkan oleh mobil ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membeli mobil ini. Berikut kekurangan Toyota Vios generasi ketiga yang sering dikeluhkan oleh pemiliknya.

1. Kualitas interior dan peredaman kurang

Karena harganya yang terjangkau, maka tak heran jika kualitas interior dirasa kurang dan masih banyak dipenuhi oleh material plastik. Membuatnya terasa lebih ‘murah’ dibandingkan sedan menengah Toyota. Hal ini juga berpengaruh pada peredaman kabin yang dirasa kurang kedap daripada sedan yang lebih premium.

setir Vios gen 3 keluaran tahun 2013
Kualitas interior memang kurang, sehingga banyak yang memodifikasi mobil ini

2. Ground clearance rendah

Kekurangan lainnya memang tidak terlalu signifikan, namun cukup mengganggu ketika harus membawa mobil ini ke luar kota. Ground clearance Toyota Vios tercatat hanya 145 mm, bandingkan dengan ground clearance Honda City yang lebih tinggi, mencapai 165 mm. Tentunya ini membuat ribet pada saat berkendara di jalanan yang penuh dengan polisi tidur.

3. Terbebani image taksi

Meski hal ini tak berpengaruh terhadap performa maupun kenyamanan berkendara di dalamnya, tapi Vios masih sering disebut sebagai mobil taksi. Apalagi Vios gen 3 ex taksi masih banyak ditemui di pasar mobil bekas Tanah Air. Sedangkan mobil bekas taksi sendiri seringkali lebih disukai karena harganya yang lebih murah dibandingkan pemakaian pribadi walaupun dikaitkan dengan kilometer yang lebih tinggi.

>>> Cintamobil TV: Tips Membeli Sedan Bekas Toyota Vios 2013

Harga Toyota Vios Gen 3

Jika dibandingkan dengan harga Toyota Vios terbaru, banderol yang dibutuhkan untuk membawa mobil bekasnya pulang jauh lebih terjangkau. Mengingat Vios baru saat ini dihargai mulai dari Rp 278,7 jutaan. Sedangkan harga mobil bekasnya tercatat bisa mencapai setengahnya.

Selain model tipe TRD Sportivo, Vios gen 3 type G juga bisa ditemukan dengan mudah. Harga Vios Gen 3 saat ini bisa didapatkan mulai dari Rp 80 jutaan hingga Rp 110 jutaan. Sedangkan untuk tipe TRD Sportivo maupun edisi facelift yang diluncurkan pada tahun 2016, harganya tentu saja lebih tinggi.

Sekali lagi, perhatikan apabila ada yang menjual Vios dengan harga di bawah pasaran. Kemungkinan besar mobil tersebut sudah mati pajak, sehingga Anda perlu mempersiapkan budget lebih untuk mengurus dokumennya. Selain itu, menjual mobil di bawah harga pasaran selalu dikaitkan dengan penipuan.

>>> Dapatkan pilihan mobil Toyota Vios bekas terbaik hanya di sini

  • Share