Brak! Honda Brio Seruduk Minimarket, Niatnya Parkir tapi Malah Kebablasan

  • Share
Jakarta

Beredar video di media sosial Honda Brio kuning menabrak minimarket. Usut punya usut, sopir hendak parkir tapi salah menginjak pedal.

Dalam video yang diunggah, mobil Honda Brio kuning itu sempat memundurkan mobil. Tapi sejurus kemudian mobil malah melaju kencang hingga menabrak pintu kaca minimarket.

Dikutip dari detikJateng, Kanit Laka Satlantas Polres Kudus, Ipda Firman Abit Prasetya menuturkan peristiwa itu terjadi di SPBU Krawang, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo. Mobil berpelat K-1955-BK itu dikemudikan Kafi Kurnia (20). Dia hendak parkir namun diduga salah injak pedal hingga akhirnya menyeruduk pintu minimarket.

“Pengemudi bermaksud akan parkir di depan toko Alfamart dan ketika akan menginjak rem namun salah menginjak gas maka terjadilah laka lantas,” kata Abit.

Mobil tabrak masuk minimarket di Kudus, Senin (28/3/2022).Mobil tabrak masuk minimarket di Kudus, Senin (28/3/2022). Foto: dok Polres Kudus

Supaya kecelakaan serupa tak terulang. Pengemudi mobil perlu mengetahui teknik menginjak pedal.

Menurut Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mobil yang tiba-tiba menyeruduk pasti pengemudinya salah menempatkan kaki dan tidak paham pedal apa yang diinjak. Sony memberikan tips agar pengendara tidak salah menginjak pedal. Yaitu dengan memosisikan kaki dengan tepat saat nyetir.

“Jadi yang benar adalah tumit kaki kanan ada di depan pedal rem, ketika menginjak pedal gas tumit tidak berpindah, tapi ujung kaki (bagian jari) depan nyerong ke kanan (untuk menyentuh pedal gas agar mobil melaju),” kata Sony beberapa waktu yang lalu.

Sony menegaskan, saat nyetir sebaiknya tumit kaki bertumpu pada lantai mobil dan tidak bergeser. Yang fleksibel hanya ujung kaki bagian jari yang berpindah dari pedal gas ke pedal rem.

“Biasakan seperti itu, jadi ngegasnya ada rasa susah dan perlahan, tapi saat ngerem lebih sempurna posisi kakinya. Ingat! Tumit tidak boleh berpindah-pindah ke depan pedal yang akan diinjak. Tumit bertumpu di dak atau lantai,” tegas Sony.

Menurut Sony, teknik mengemudi seperti ini berlaku untuk menyetir mobil bertransmisi manual maupun otomatis.

“Posisi tumit kaki kanan menempel di lantai dan tetap di depan pedal rem, apa pun sistem transmisinya. Bukan berarti kalau matic ngeremnya pakai kaki kiri lho,” ujar Sony.

Simak Video “Kecelakaan Gegara Jalan Tol Rusak, Pengendara Bisa Tuntut Ganti Rugi
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

  • Share