Garang! Ini 6 Referensi Wuling Almaz Modifikasi dari Wuling Motors

  • Share

Jadi lebih garang, simak referensi Wuling Almaz modifikasi langsung dari Wuling Motors bagi Anda yang ingin mengubah tampilan SUV tangguh asal China ini.

Wuling Almaz modifikasi memang jarang terlihat di jalanan Tanah Air. Mengingat Almaz masih terbilang ‘semur jagung’ di pasar otomotif Indonesia, sehingga populasinya jauh kalah dibandingkan mobil populer seperti Toyota Avanza maupun Honda Brio. Tapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan mobil ini diubah dari setelan pabriknya.

Wuling Almaz merupakan SUV andalan Wuling yang pertama kali masuk ke Indonesia sejak 2017 silam. Tampilannya yang sudah atraktif dari awalnya memang jarang mendapatkan penambahan atau modifikasi. Namun bagi Anda yang ingin berkreasi dengan mobil ini, Wuling Motors sendiri mengungkapkan beberapa referensi yang bisa digunakan.

1. Modifikasi velg dan ban

Dilansir dari laman resmi Wuling Motors Indonesia, mereka memberikan berbagai komponen yang bisa diubah untuk meningkatkan tampilan mobil ini. Yang pertama adalah modifikasi velg Wuling Almaz. Khusus untuk mobil ini, Wuling menyematkan velg alloy berukuran 17 inci serta model double 5-spoke untuk tipe Almaz RS.

velg Wuling Almaz 2022 berukuran 17 inci
Almaz menggunakan velg berukuran 17 inci

Penggantian velg dan ban bisa menjadi awal Wuling Almaz modifikasi khas Anda. Sebisa mungkin mempersiapkan pengganti yang sesuai dengan keinginan. Tapi ingat untuk memperhatikan berapa ukuran ban standar agar mobil bisa melaju dengan mantap. Mengingat ban yang terlalu besar atau terlalu kecil sangat berpengaruh dengan pengendaraan.

Perhatikan pula besar velg yang akan diganti. Dengan velg berukuran 17 inci sebagai standar, kami merekomendasikan untuk mengganti velg tidak lebih dari 2 inci lebih besar maupun lebih kecil. Jadi ukuran velg paling besar untuk Almaz yaitu 19 inci.

>>> Tips Modifikasi Pelek Wuling Almaz

2. Mengubah tinggi kendaraan

Yang mengejutkan dari Wuling Almaz adalah mobil ini memiliki ground clearance 230 mm, merupakan yang tertinggi di kelasnya. Bandingkan dengan Xpander Cross yang memiliki jarak ketinggian dari tanah 225 mm, atau Honda HR-V yang hanya memiliki ground clearance 185 mm.

ground clearance Wuling Almaz dengan tinggi 230 mm
Ground clearance 225 mm cukup tinggi untuk city car Wuling ini

Bagi Anda yang merasa bahwa ground clearance Wuling Almaz terlalu tinggi, Anda bisa mengatur ketinggian dengan menggunakan velg maupun ukuran ban yang berbeda. Tapi sebisa mungkin memperhatikan faktor keamanan mobil ketika memodifikasi ketinggian mobil ini. Wuling Motors juga mengingatkan untuk menghindari penggunaan shockbreaker aftermarket non-standar.

3. Ubahan desain eksterior

Walaupun Almaz sudah mendapatkan tampilan atraktif dengan desain grille dan bumper yang sporty, tapi perubahan pada eksterior bisa membedakan Almaz yang Anda miliki dengan model standar. Menggunakan bodykit untuk mendapatkan bumper bergaya sporty bisa dilakukan. Atau mengubah lampu depan dengan LED Sekuensial dan foglamp LED.

eksterior samping Wuling Almaz 2022 berwarna abu-abu
Modifikasi kaca jendela samping bisa mengubah tampilan

Namun bagi pemilik yang masih baru dan belum berpengalaman dalam penggantian eksterior yang masif, penggantian kaca jendela samping bisa menjadi pilihan. Almaz standar biasanya menggunakan kaca film hitam bening. Untuk mempercantik tampilan mobil, Anda bisa mengganti kaca film dengan tingkat kegelapan yang berbeda.

>>> 6 Keunggulan Wuling Almaz RS, Mobil Pintar Rp 300 Jutaan

4. Mengganti knalpot

Penggunaan knalpot juga menjadi perhatian modifikator. Penggunaan knalpot standar tentunya memberikan kesan biasa, baik dari soal suara maupun kualitasnya. Dalam penjelasannya, Wuling Motors menyebutkan bahwa mengganti knalpot lama dengan model terbaru yang lebih berkualitas bisa dilakukan oleh modifikator pemula.

knalpot Wuling Almaz 2022 berwarna silver
Pastikan untuk mengganti knalpot sesuai setelan pabrik

Pastikan untuk selalu menggunakan knalpot sesuai dengan ukuran standar agar mobil tidak boros bensin. Tapi selalu ingat bahwa knalpot yang terlalu berisik dan modifikasi yang terlalu ekstrem bisa membahayakan, baik diri sendiri maupun orang lain. Jika bandel, siap-siap tilang polisi menghampiri Anda.

5. Penggantian tongkat persneling

Beralih ke dalam, tampilan interior Wuling Almaz memang sudah modern dibandingkan kebanyakan pesaingnya. Apalagi untuk Wuling Almaz tipe tertinggi yang didukung oleh wireless charging pad hingga built in air ionizer untuk membuat udara di ruang kabin tetap segar dan bersih.

knob Wuling Almaz berwarna hitam
Komponen shift knop banyak tersedia dengan harga terjangkau

Satu bagian yang bisa dimodifikasi berdasarkan Wuling Motors yaitu mengganti shift knob standar mobil dengan tampilan baru. Selain aksesoris ini mudah didapatkan, harganya juga terjangkau. Memilih shift knob yang unik dan sesuai dengan keseluruhan tema mobil akan membuat interior menjadi lebih menarik.

>>> Review Wuling Almaz RS 2021: Menawarkan Fitur dan Teknologi Canggih Dengan Harga Kompetitif

6. Sarung jok baru

Dan yang terakhir, ubahan untuk Wuling Almaz modifikasi dari Wuling Motors adalah mengganti sarung jok mobil. Bagi yang belum tahun, Almaz sendiri dibekali dengan interior yang didominasi warna hitam. Jok berlapis kulit ini sudah mendapatkan pengaturan elektrik bagi kursi penumpang depan dan pengemudi guna mempermudah mendapatkan posisi berkendara terbaik.

kursi Wuling Almaz 2022 berwarna hitam
Ubah desain sarung jok untuk tampilan interior baru

Menggali tema terbaik bagi sebuah mobil modifikasi sangat penting untuk dilakukan. Dan penggantian warna jok atau sarung jok sesuai keinginan bisa berdampak signifikan untuk mendapatkan tampilan yang sesuai selera. Harganya juga beragam, mulai dari jutaan hingga belasan juta tergantung kualitas dan merk jok yang digunakan.

Rekomendasi Wuling Almaz modifikasi lain

Selain komponen-komponen yang dijelaskan oleh Wuling Motors di atas, masih banyak komponen lainnya yang bisa digunakan untuk membuat Wuling Almaz modifikasi semakin memikat. Salah satunya adalah dengan menambahkan stiker pada mobil untuk menghasilkan gaya street racing yang mentereng.

Modifikasi sistem audio juga sering dilakukan untuk menambah kenyamanan berkendara di dalam kabin. Namun selalu ingat untuk perhatian yang lebih besar dalam modifikasi mesin maupun kelistrikan. Salah-salah, mobil bukannya semakin menawan malah lebih rawan melakukan perbaikan.

Wuling Almaz saat ini tersedia dalam empat pilihan varian, terbagi menjadi Wuling Almaz standar dan Wuling Almaz RS. Harga Wuling Almaz dimulai dari Rp 265,5 jutaan untuk tipe terendah, yaitu Almaz 1.5T SE MT. Sedangkan harga Wuling Almaz RS dibanderol mulai dari Rp 361,1 jutaan untuk tipe 1.5T EX 5-seater.

>>> Yuk! Intip Harga Mobil Terbaru Wuling dan Promo Menarik Lainnya di Sini

  • Share