Ini Daftar Jalan Tol yang Menerapkan Tilang Elektronik

  • Share

Selasa, 29 Maret 2022 – 10:03 WIB

Oto Mobile – Mulai tanggal 1 April 2022 di beberapa ruas jalan tol akan dipasang kamera CCTV, untuk penerapan tilang elektronik untuk pengemudi kendaraan pribadi dan truk.

Menurut Brigjen Aan Suhanan, Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri mengatakan, kebijakan ini akan berfokus pada dua pelanggaran, yakni pelanggar kecepatan (overspeed) dan over dimension over loading (ODOL) atau kelebihan dimensi dan muatan.

Untuk mendeteksi pelanggaran melebihi kecepatan, petugas polisi lalu lintas akan menggunakan speed camera yang nantinya bisa mengungkap identitas kendaraan lewat pelat nomor.

Sedangkan untuk pengemudi truk, petugas polantas fokus menindak truk dengan muatan melebihi kapasitas alias odol, melalui teknologi Weight in Motion (WIM).

Sejumlah kendaraan mobil golongan satu melintas di atas jalan Tol Layang (Elevated) Jakarta - Cikampek (Japek) di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/12/2019).

Sejumlah kendaraan mobil golongan satu melintas di atas jalan Tol Layang (Elevated) Jakarta – Cikampek (Japek) di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/12/2019).

Photo :

  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Brigjen Aan jiga menjelaskan bahwa, penerapan tilang elektronik di jalan tol bertujuan meningkatkan disiplin berlalu lintas serta mengurangi interaksi petugas dan pelanggar lalu lintas. Salah satunya, potensi pungutan liar yang dilakukan oknum petugas.

“Penegakan hukum berbasis IT ini untuk menghindari interaksi petugas dan pelanggar, menghindari konflik pelanggar dan petugas,” bilang Brigjen Aan, dikutip Oto Mobile Otomotif dari laman NTMC Polri, Selasa 29 Maret 2022.

  • Share