Cara Scuto Indonesia agar Teknisi Memahami Proses Detailing Mobil – Berita Otomotif

  • Share

JAKARTA – Scuto Indonesia memperkenalkan kehadiran Scuto Academy, sebuah tempat pelatihan bagi para teknisi yang nantinya dipersiapkan untuk diterjunkan ke125 Scuto outlet.

“Minimal 10 hari pelatihan, dimulai dari materi teori lalu dilanjutkan ke materi praktik,” ucap Raymundus Arief, Chief Strategy Officer Scuto Indonesia di Scuto Academy, Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (28/3/2022).

Lahirnya Scuto Academy, kata Arief bertujuan mencetak sumber daya manusia (SDM) yang andal dan unggul khususnya dalam pelayanan detailing di industri otomotif.

“Calon teknisi akan mendapatkan pelatihan tentang SOP Scuto nasional, seperti kelengkapan yang harus dipakai, bahan dan produk yang beberapa mengandung bahan berbahaya, serta cara pengaplikasiannya,” ujarnya.

Di Scuto Academy calon teknisi juga mendapat pelatihan berupa cara pengaplikasian chemical sesuai kedalaman baret di bodi mobil, hingga produk apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan untuk bahan tertentu.

“Untuk bahan krom jika salah obat kromnya bisa terkelupas atau terbakar,” ucap Arief.

Bahan dan produk Scuto menggunakan satu merek. Ada beberapa yang tidak dijual umum.

“Ada produk profesional yang tidak diperjual-belikan, komposisinya dari dapur Scuto. Ada juga produk umum yang bisa dibeli di e-commerce,” pungkasnya.

Beda dengan Kompetitor

Scuto mengaplikasikan bahan Nano Ceramic ke bodi mobil dengan cara dipoles, tidak disemprot. Hal itu untuk mengurangi gas dari hasil semprotan.

“Bedanya kami dengan kompetitor, pengaplikasian Nano Ceramic dipoles, karena hasilnya akan menyerap hingga ke lapisan terdalam, yakni pori-pori cat,” kata M HD Ichsan, perwakilan dari Scuto Academy Division.

Langkah pertama sebelum memulai pengaplikasian Nano Ceramic, bodi mobil dicuci kering terlebih dahulu untuk menghilangkan noda dan debu.

Selanjutnya masuk ke proses menghilangkan noda baret menggunakan chemical.

Setelah dirasa bersih selanjutnya memoles cairan liquid Scuto Nano Ceramic. Dipoles rata ke semua bagian bodi mobil menggunakan kain microfiber, selanjutnya diratakan kembali dengan mesin poles. 

Saat mengkilapnya sudah rata, proses selanjutnya dioleskan finishing compound.

“Di sini setiap bagian kendaraan memiliki formula khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya. [Tih/]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

  • Share