Bye! Motor dan Perlengkapan Balap MotoGP Sudah Pergi Tinggalkan Mandalika

  • Share
Jakarta

Ajang balap Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 telah usai digelar. Walau balapan sudah berakhir sejak pekan lalu, ternyata aktivitas di dalam Sirkuit Mandalika masih terus berjalan. Namun aktivitas tersebut bukan untuk menyambut balapan lagi, melainkan pengangkutan logistik dari Sirkuit Mandalika.

Ya, usai perhelatan MotoGP Indonesia pada 20 Maret 2022, beberapa pebalap telah lebih dulu kembali ke rumahnya masing-masing. Menyusul kemudian, seluruh motor balap serta perlengkapan lainnya juga ikut meninggalkan Tanah Air.

PT Angkasa Pura Logistik (APLog), subsidiari PT Angkasa Pura I, sebagai penanggung jawab logistik MotoGP Mandalika telah mengemas dan memulangkan motor balap serta perlengkapan lainnya milik tim MotoGP.

[Gambas:Instagram]

Direktur Utama APLog, Danny P Thaharsyah mengatakan jika proses pengemasan dan pengiriman logistik tersebut berlangsung selama dua hari, mulai dari Rabu (23/3/2022) hingga Jumat (25/3/2022). Dalam proses loading re-export Cargo MotoGP Mandalika tersebut sudah berjalan sebanyak dua kali.

“Proses loading re-export Cargo MotoGP Mandalika telah berjalan sebanyak 2 kali dari total 5 kali flight yang akan ditempuh untuk kepulangan race equipment MotoGP,” kata Danny dalam keterangan resmi.

Pada flight kargo yang pertama, dalam waktu sekitar 1 jam tim logistik berhasil melakukan pencapaian proses loading sekitar 70 ton. Kemudian disusul flight kargo kedua sebanyak 88 ton dari total jumlah logistik secara keseluruhan yang mencapai 500 ton hingga penerbangan yang terakhir.

Dengan ground time kurang lebih mencapai 2 jam, angka tersebut menunjukkan lebih baik dari standar operasional internasional (departure time before schedule) dengan zero accident.

Selain ajang MotoGP Mandalika, pihak Dorna Sport juga telah menunjuk APLog sebagai penanganan logistik udara resmi untuk sejumlah event balap lainnya seperti World Superbike (WSBK) dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) di Sirkuit Mandalika tahun 2021.

Simak Video “Warga Serbu Bukit Tonton Langsung MotoGP
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

  • Share