Oli Mobil Bocor? Coba Cek Bagian Ini

  • Share
Jakarta

Mobil sejatinya perlu dirawat agar kondisinya tetap prima meski sudah digunakan dalam kurun waktu yang lama. Salah satu tanda umum kondisi mobil butuh perhatian adalah adanya kebocoran oli atau rembes.

Biasanya mobil yang olinya bocor dapat dilihat dari tempat parkirnya. Di mana, ketika mobil beranjak dari tempat parkir, umumnya akan terlihat tumpahan oli. Kondisi ini perlu perhatian lebih dan perlu segera ditangani.

Hyundai Mobil Indonesia mengatakan kondisi oli mobil bocor ini tidak aman untuk jangka panjang. Menurut mereka, oli akan jadi cepat habis dan dapat menyebabkan kondisi yang buruk bagi mesin.

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa bagian yang paling sering menjadi tempat kebocoran oli mobil.

1. Gasket

Bagian ini kerap getas atau bocor karena usia. Mengutip dari laman resmi Suzuki, gasket merupakan komponen penyekat pada blok mesin, yang berguna untuk mencegah terjadinya kebocoran pada kompresi, gas pembakaran oli, hingga air pendingin. Gasket juga menjadi komponen yang harus diganti pada saat servis berkala.

2. Oil pan

Bagian yang juga kerap menjadi sumber kebocoran oli mobil adalah oil pan atau bak oli. Bagian ini kerap juga disebut sebagai panci oli ataupun carter oli. Tentu sebagai sebuah bak, bagian ini berfungsi untuk menampung oli mesin dan juga memiliki fungsi sebagai saluran pembuangan oli mesin. Salah satu bagian yang kerap menjadi sumber kebocorannya adalah bagian sealant atau karet seat yang sudah termakan usia.

3. Filter Oli

Saat melakukan pergantian oli mobil, dalam beberapa kondisi kita kerap diharuskan untuk turut mengganti filternya. Bagian filter oli ini bisa saja menjadi sumber kebocoran, jika dipasang dengan cara yang tidak tepat atau kendor.

4. Seal Kruk As

Selanjutnya adalah bagian seal kruk as. Karet sealant yang berlokasi di area kruk as yang terhubung ke transmisi ini punya masa pakai dan akan getas pada waktu tertentu. Jika kondisinya sudah getas, maka bukan tidak mungkin oli akan rembes dan menyebabkan kebocoran. Cek secara berkala bagian ini dan lakukan penggantian rutin jika diharuskan.

Simak Video “Tips Mudah Hilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Mobil
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

  • Share