Biar Usaha Makin Untung, Simak Beda Ukuran Bak Mobil Pick Up Terbaru

  • Share

Untuk membantu pengusaha memilih kendaraan niaga, berikut kami berikan perbandingan dari berbagai ukuran bak mobil pick up yang dipasarkan di Indonesia.

Di Indonesia, ukuran bak mobil pick up seringkali menjadi penentu popularitas dan penjualannya. Mengingat mobil pick up sering digunakan sebagai kendaraan niaga, memiliki mobil dengan kargo yang lebih besar tentunya lebih menguntungkan secara ekonomi. Dan salah satu yang paling menjadi pertimbangan adalah kapasitas ukuran kargo.

Membandingkan ukuran bak mobil pick up

Sebagai salah satu pilihan populer yang ada di Indonesia, persaingan antara ukuran bak L300 dan Gran Max banyak dicari. Padahal masih banyak pick up lainnya yang bisa menjadi alternatif pilihan. Nah untuk membantu Anda memilih, Cintamobil.com mempersiapkan perbandingan ukuran bak pick up yang ada di Indonesia.

1. Daihatsu Gran Max Pick Up

Sebagai salah satu pemain lama di segmen mobil niaga, Gran Max PU memiliki berbagai keunggulan dalam mesin yang tangguh, serta kapasitas bak belakang yang lega. Tampilannya masih minimalis, walaupun untuk sistem hiburan dan keselamatan tak jauh berbeda dibandingkan pesaingnya.

mobil baru Daihatsu Gran Max PU terbaru di Indonesia
Gran Max memiliki ruang kargo yang kompak, tapi mampu memuat hingga 1 ton

Ukuran bak mobil pick up Gran Max memiliki dimensi panjang 2.350 mm dan lebar 1.585 mm. Sedangkan untuk tinggi kargo belakang, ada dua pilihan tinggi, yaitu 300 mm untuk tipe STD, dan 360 mm untuk tipe 3W. Ground clearance mobil ini memiliki tinggi dari tanah 175 mm, sedangkan radius putaran minimum 4,7 meter.

Walaupun ruang bak tertinggal dalam segi luasnya, salah satu keunggulannya yaitu kapasitas muatan yang menyentuh 1 ton. Ada tujuh pilihan varian yang tersedia, diantaranya pilihan AC dan 3W. Harga Daihatsu Gran Max PU dibanderol mulai dari Rp 147,4 jutaan.

>>> Asli atau Modifikasi: Bagaimana Harga Mobil Pick Up Tanah Air?

2. DFSK Super Cab

Jika dibandingkan dengan mobil pick up lainnya di daftar ini, Super Cab merupakan pendatang baru yang berasal dari China. Sehingga popularitasnya memang tak sebesar pesaingnya di segmen kendaraan niaga. Tapi meskipun begitu, mobil ini tetap memiliki keunggulan tersendiri, termasuk dalam hal kargo dan bak belakang.

mobil baru DFSK Super Cab berwarna putih
Pick up pendatang baru ini bisa menjadi pilihan

Ukuran kargo belakang DFSK Super Car tercatat memiliki dimensi 2.310 mm x 1.670 mm x 340 mm untuk tipe 1.3T Diesel, dan 2.470 mm x 1.670 mm x 340 mm untuk tipe 1.5L Gasoline. Sayangnya DFSK tak menyebutkan kapasitas muatan kargo. Sedangkan wheelbase mobil tercatat 2.750 mm, cukup panjang dan memberikan ruang kabin yang lega bagi penumpang.

Untuk masalah kepraktisan, Super Cab memiliki ground clearance 182 mm yang sudah cukup tinggi. Serta radius putar 5,5 meter, tidak terlalu kecil tapi tidak pula besar dan memberikan kemudahan ketika harus berputar di tempat yang sempit. Harga DFSK Super Cab dibanderol mulai dari Rp 147,5 jutaan.

3. Isuzu Traga

Kabinnya termasuk atraktif dibandingkan pick up lainnya. Traga sudah dilengkapi dengan AC, head unit 1DIN, serta dipenuhi dengan berbagai ruang penyimpanan. Traga dibekali dengan mesin diesel kebanggaan Isuzu berkapasitas 2.5 liter dengan teknologi Direct Injection dan disandingkan dengan transmisi 5-percepatan.

mobil baru Isuzu Traga Pick Up di Indonesia
Isuzu Traga memiliki kapasitas kargo yang terluas di segmennya

Panjang kargo belakang tercatat 2.810 mm dan memiliki lebar 1.620 mm, terluas di antara pick up lainnya. Traga memiliki tinggi kargo 300 mm untuk tipe Flat Deck, dan khusus untuk Isuzu Traga Box memiliki tinggi hingga 1.400 mm. Tipe Traga Box juga memiliki volume maksimal hingga 6,37 m3. Bak belakang bisa mengangkut hingga 60 galon air, dibanding pesaingnya yang hanya bisa mengangkut 48 galon air.

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan pada mobil ini, tentu saja banderol yang perlu dikeluarkan lebih tinggi. Harga Isuzu Traga terbaru saat ini mulai dari Rp 213,8 jutaan, menjadikannya yang tertinggi di antara pick up lainnya di daftar ini.

>>> 5 Pilihan Mobil Pick Up Bekas Harga Rp30 Jutaan

4. Mitsubishi L300

Salah satu nama populer dari segmen pick up yang tangguh dan memiliki ruang kargo yang bisa dibilang luas. Mesinnya bandel dengan performa yang bertenaga dengan mesin diesel 4D56 yang teruji ketangguhannya. Sebagai keunggulannya, mobil ini sendiri sudah menggunakan fitur power steering.

mobil baru Mitsubishi L300 terbaru berwarna hitam
L300 merupakan salah satu pick up terpopuler di Indonesia

Ukuran bak pick up L300 mencatatkan panjang 2.430 mm dan lebar hingga 1.600 mm. Sedangkan tinggi kargo terbagi dua, yaitu tipe pick up standar memiliki tinggi 360 mm dan pick up flatbed 310 mm. Radius putar termasuk yang terendah, yaitu 4,4 meter, dan ground clearance 200 mm.

Walaupun interior Mitsubishi L300 jauh lebih sederhana dibandingkan pesaingnya, tapi ruang kabin terasa lapang dan lega untuk sopir dan dua orang penumpang. Ada tiga pilihan varian yang tersedia yaitu tipe pick up standar dan pick up flatbed dengan harga mulai dari Rp 205,5 jutaan dan Rp 200,5 jutaan untuk Cab Chassis.

>>> Amat Terjangkau, Ini Harga Mobil Bekas Mitsubishi Pick Up T120SS

5. Suzuki Carry

Sebutan Rajanya Pick Up tentu saja bukan hanya gelar biasa. Tapi segala kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan oleh Carry membuatnya menjadi pilihan banyak pengusaha sebagai kendaraan niaga mereka. Termasuk mesinnya yang bandel dan tahan lama, serta harga jual kembali yang tetap stabil.

mobil baru New Suzuki Carry pick up berwarna hitam
Carry dikenal karena mesinnya yang tahan lama

Bak Suzuki Carry memiliki panjang 2.505 mm, sedangkan lebarnya terbagi menjadi 1.665 mm untuk tipe flat deck dan 1.745 mm untuk tipe wide deck. Sementara tinggi bak flat deck tercatat 360 mm dan tipe wide deck memiliki tinggi 420 mm. Wheelbase memiliki panjang 2.205 mm, dan radius putar minimum 4,3 meter.

Suzuki Carry memiliki daya angkut yang besar dan mampu memiliki muatan banyak dengan kapasitas maksimal 1 ton. Ada empat pilihan varian Carry Pick Up, yaitu tipe flat deck dan wide deck, serta varian dengan AC. Harga Suzuki Carry dibanderol mulai dari Rp 160,5 jutaan.

Kesimpulan

Sebagai kendaraan niaga, kapasitas dan ukuran bak mobil pick up memang menjadi pertimbangan yang patut diperhitungkan. Dibandingkan pick up di daftar ini, Isuzu Traga memiliki bak terluas. Walaupun harga masih menjadi kekurangan tersendiri pada mobil ini. Sedangkan harga pick up termurah jatuh pada Daihatsu Gran Max Pick Up dengan banderol Rp 147,4 jutaan.

>>> Dapatkan harga mobil baru dan promo menarik lainnya di sini

  • Share