Mengenal Teknologi WIND dan IoV pada Wuling New Cortez – Berita Otomotif

  • Share

JAKARTA – Tak hanya Almaz, kini Wuling Motors juga menyematkan teknologi Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV) ke dalam Multi Purpose Vehicle (MPV) terbarunya, New Cortez.

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko mengatakan, WIND dan IoV jadi dua inovasi yang ditanamkan pada New Cortez. Alasan itulah yang membuat MPV ini menggunakan Wuling Silver Logo dari sebelumya berwarna merah. 

“Penyegaran New Cortez lain seperti bagian interior yang kini mengedepankan nuansa elegan, serta head unit canggih berukuran 10,25 inci dengan koneksi mirrorlink tanpa kabel,” terangnya saat virtual media briefing, Jumat (25/3/2022).

Menariknya teknologi WIND dan IoV yang tersemat di New Cortez diperkenalkan pertama kali untuk pasar Indonesia. Dua fitur ini bahkan belum tersedia di MPV pabrikan Jepang.

Sekedar info, New Cortez menjadi produk ketiga Wuling yang mendapat teknologi WIND setelah sebelumnya ada di Almaz dan Almaz RS. Sementara IoV, New Cortez jadi model kedua setelah Almaz RS.

Teknologi WIND

Teknologi WIND dalam New Cortez memungkinkan pengguna untuk menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan beragam fitur kendaraan hanya dengan perintah suara.

Mulai dari pendingin udara, jendela, sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi hingga informasi tanggal.

Wuling mengaplikasikan Bahasa Indonesia pada WIND untuk memberikan kemudahan bagi pengendara. WIND dikembangkan khusus oleh Wuling agar dapat digunakan secara efektif oleh masyarakat Indonesia. 

WIND memiliki dua cara untuk penggunaannya. Pertama, terdapat fungsi-fungsi pada kendaraan yang bisa diaktifkan/dimatikan/dioperasikan dengan cara mengucapkan kata kunci ‘Halo Wuling’ atau menekan tombol voice command di sisi kiri setir. Cara lain dengan menggunakan instant command untuk beberapa fungsi tertentu.

Teknologi IoV

Sementara fitur IoV dapat menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui sebuah aplikasi My Wuling+. Nantinya IoV akan memberikan berbagai kendali hanya dalam genggaman. 

Konsumen hanya perlu koneksi dan smartphone yang dimiliki, lalu registrasi akun, dan daftarkan kunci New Cortez ke dalam aplikasi My Wuling+.

Selanjutnya, konsumen bisa melakukan navigasi dari jarak jauh untuk mengoperasikan berbagai fitur canggih, seperti memanaskan mesin, mendinginkan kabin, membuka jendela dan kunci pintu.

IoV bisa untuk mengetahui lokasi terkini kendaraan. Misal, mobil berada di luar jangkauan yang ditetapkan, maka otomatis akan ada notifikasi. [Tih]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

  • Share