Joan Mir, Binder, dan Morbidelli Terkejut dengan Sirkuit Mandalika

  • Share
Jakarta

Joan Mir, Brad Binder, dan Franco Morbidelli terkejut dengan karakter Sirkuit Mandalika yang ternyata memiliki grip (daya cengkeram ban) yang sangat luar biasa. Hal itu dirasakan mereka saat sesi balap (20/3) yang berlangsung di tengah kondisi trek basah (wet race).

Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP Mandalika) sukses diselenggarakan dengan penuh drama, mulai dari turunnya hujan lebat, aksi pawang hujan, hingga pengurangan lap dari 27 lap menjadi 20 lap.

Sisi positifnya, beberapa pebalap merasa Sirkuit Mandalika punya daya cengkeram yang luar biasa, sehingga ban motor mereka sangat menggigit di aspal kendati kondisi trek basah.

MotoGP MandalikaMotoGP Mandalika Foto: Kemenparekraf

“Dalam kondisi basah, treknya luar biasa,” kata Mir dikutip dari Crash.

“Siku saya menyentuh di setiap sudut lintasan. Dan saya bertanya-tanya, ‘ini basah?!’ Cengkeraman yang luar biasa di trek dan juga ban Michelin bekerja sangat baik di lintasan basah. Bahkan saya berpikir kami akan mampu membalap 27 lap penuh,” sambung rider Suzuki Ecstar tersebut.

Senada dengan Joan Mir, Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) dan Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) juga mengutarakan pendapat serupa.

“Saya merasa gripnya gila di beberapa bagian,” kata Binder.

Sementara khusus untuk Morbidelli, di luar trek Mandalika yang sangat grippy, ia juga menyoroti kondisi trek yang teramat basah, dengan banyaknya air di lintasan yang bercampur dengan kotoran dan debu, sehingga menyebabkan masalah visibilitas yang serius.

“Sulit di luar sana karena visibilitasnya nol. Untungnya treknya cukup grippy. Jadi itu kejutan yang bagus. Saya masih terkena beberapa batu, tapi itu jauh lebih buruk saat tes,” terang Morbidelli.

Di tengah kondisi yang ekstrem tersebut, MotoGP Mandalika yang dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022 sukses diselenggarakan. Tercatat hanya Jorge Martin, pebalap MotoGP yang mengalami crash di hari balapan. Miguel Oliveira sukses juara di Sirkuit Mandalika, disusul Fabio Quartararo di tempat kedua, dan Johann Zarco di tempat ketiga.

Simak Video “Warga Serbu Bukit Tonton Langsung MotoGP
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

  • Share