Mau Mudik? Simak Cara Penggunaan Roof Box & Roof Rack yang Benar

  • Share

Ada indikasi mudik akan dilegalkan tahun 2022 ini, makanya kami membahas mengenai tata cara penggunaan Roof Box dan Roof Rack yang tepat agar selamat…

Presiden Ir. H. Joko Widodo, atau yang lebih akrab disapa Jokowi telah mengumumkan bahwa kegiatan mudik lebaran tahun 2022 ini sudah diperbolehkan. Artinya Anda bisa bersiap dari sekarang menyambut mudik tahun ini. Makanya, kami coba bahas mengenai cara penggunaan Roof Box & Roof Rack yang benar.

Cara Penggunaan Roof Box

“Syarat memakai Roof Box yang paling utama ya harus terpasang dengan benar,” buka Bintarto Agung selaku Direktur IDDC (Indonesia Defensive Driving Canter) kepada tim Cintamobil.com.

Roof Box THULE Daihatsu Terios

Roof Box bisa jadi alat bantu memperluas kapasitas penyimpanan kala mudik

Lebih lanjut om Tato sapaan akrab Bintarto Agung ini menambahkan penggunaan Roof Box semakin aman bila “Menggunakan Cross Bar yang dipasang di Roof Rail, talang (untuk mobil keluaran tahun agak lama) atau dengan bracket khusus pada setiap kendaraan,” ujarnya.

Roof Box THULE

Perhatikan informasi kapasitas maksimum Roof Box

Sebagai informasi, saat ini di pasaran kapasitas Roof Box sangat beraneka ragam. Ada yang, “Berkisar antara 40-50 kilogram (atau 200 sampai 400 Liter). (Dan itu) tidak boleh melebihi kapasitasnya,” wanti Om Tato.

Daihatsu Terios 7 Wonders 2016

Roof Box menambah kapasitas penyimpanan

Hal tersebut dikarenakan akan, “Berpengaruh pada kestabilan kendaraan. Kalau menggunkan Roof Rack juga harus diperhatikan ketinggian barang yang (akan) disusun atau dibawa,” jelas om Tato lagi.

>>> Ingin Pasang Roof Box, Perhatikan Lima Hal di Bawah Ini

Perhatikan Batas Kecepatan & Copot Kalau Tak Dipakai

Membawa beban ekstra di atap, juga erat kaitannya dengan batas kecepatan yang disarankan. Kendati umumnya pabrikan sudah mengetes dengan seksama kekuatan atap saat dipasang Roof Box tapi bukan berarti hal tersebut aman.

Roof Box THULE Slim Daihatsu Terios

Pakai Roof Box? Jangan ngebut!

Sebaiknya, “Kecepatan tidak melebihi 120 km/jam atau mematuhi peraturan kecepatan yang berlaku. Selain itu jika tidak dipergunakan untuk membawa barang, sebaiknya Roof Box/roofrack dilepas atau disimpan karen selain mempengatuhi efisiensi pemakaian bbm juga (pengaruh) ke kestabilan kendaraan,” jelas om Tato.

Roof Box Terios THULE

Pastikan dudukan Roof Box kokoh, apalagi kalau medannya rusak dan kalau enggak dipakai copot saja…

Terlebih “Roof Box atau Roof Rack (itu) bukan aksesori pada kendaraan, tapi lebih sebagai tool atau alat bantu ruang atau bagasi tambahan untuk membawa barang,” tutup om Tato.

>>> Memaki-maki Polisi karena Ogah Diputar Balik Berujung Permintaan Maaf

  • Share