Ini Sebabnya Kecepatan Mobil di Jalan Tol Dibatasi

  • Share

Senin, 28 Maret 2022 – 10:50 WIB

Oto Mobile – Pengemudi kendaraan di jalan tak akan lama lagi bisa menginjak pedal gas lebih dalam, karena akan ada penindakkan oleh polisi lalu lintas dengan menggunakan teknologi tilang elektronik.

Proses penindakan akan dilakukan setelah speed kamera yang terpasang di jalan tol membidik kecepatan kendaraan, kemudian bukti pelanggaran dan surat tilang akan dikirimkan ke lokasi yang sesuai dengan STNK yang terdeteksi melalui pelat nomor.

Kemudian akan ada proses verifikasi dan setelahnya polisi mengirimkan bukti-bukti pelanggaran lalu lintas di jalan tol ke alamat pemilik kendaraan. Saat ini sudah ada lima kamera speed yang tersebar dari Jawa Timur hingga Jakarta.

Pemberlakuan tilang elektronik di jalan tol, rencananya akan diterapkan oleh Korlantas Polri pada bulan April 2022.

Ilustrasi kamera ETLE

Meskipun jalan tol adalah jalan bebas hambatan, tapi tetap ada aturan mainnya seperti batas kecepatan yang harus dipatuhi oleh semua pengemudi pengguna jalan tol, untuk menjaga keamanan dan keselamatan di jalan.

Seperti dikutip Oto Mobile Otomotif dari laman Badan Pengatur Jalan Tol, Senin 2 Maret 2022, aturan kecepatan di jalan tol diatur pada Peraturan Pemerintah No 79 tahun 2013 Tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 23 ayat 4.

  • Share