Pebalap MotoGP Minta Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang Seluruhnya

  • Share
Jakarta

Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP Mandalika) telah diselenggarakan pada 18-20 Maret 2022. Beberapa rider MotoGP pun coba melakukan evaluasi dan memberi saran-kritik kepada penyelenggara. Salah satu masukannya adalah, meminta trek utama Sirkuit Mandalika diaspal ulang seluruhnya.

MotoGP Mandalika yang dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) berlangsung dengan kondisi trek basah akibat guyuran hujan cukup deras sebelum race berlangsung.

Kondisi itu membuat rider melangsungkan balapan di tengah kondisi yang sangat ekstrem, mulai dari jarak pandang (visibilitas) nol, hingga trek yang kotor karena debu bercampur air.

DOHA, QATAR - MARCH 05: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR looks on in box during the MotoGP of Qatar - Qualifying at Losail Circuit on March 05, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images,)Joan Mir Foto: (Getty Images)

“(Visibilitas) sangat buruk. Sebuah bencana. Pada lap pertama, sebuah motor MotoGP menyemprotkan banyak air. Jadi bayangkan ketika di depan Anda ada 16 motor MotoGP. Ini sangat sulit. Anda tidak dapat melihat,” kata Mir dikutip dari Crash.

“Hanya karena hujan rintik-rintik, Anda bisa melihat motor di depan. Kadang saya hanya mengikuti garis, tetapi tidak tahu persis di mana tikungannya,” tambah pebalap yang start dari posisi 18 itu.

Hal serupa juga diungkapkan rekan Joan Mir, Alex Rins. Menurut Rins, jika saja pada balap kemarin (20/3) kondisi treknya kering, maka balap akan sulit dilakukan lantaran aspal mulai terkelupas di beberapa bagian.

Alex Rins dan Joan Mir Tunggangi Motor Buatan IndonesiaAlex Rins Foto: Dok. Suzuki Indomobil Sales

“Bahkan saat (balap berlangsung dalam kondisi) basah, kami merasakan (kerikil) aspal mengenai tubuh kami dari pengendara di depan, jadi bayangkan (jika balap dilakukan) dalam kondisi kering. Untungnya, tidak ada yang terluka,” kata Rins.

Atas kekurangan-kekurangan itu, Mir dan Rins pun berharap otoritas MotoGP melakukan pengaspalan ulang di Sirkuit Mandalika untuk balap MotoGP di musim 2023.

“Mereka perlu memperbaikinya, karena itu agak berbahaya. Mari kita lihat. Mereka mengatakan bahwa mereka akan memperbaikinya (untuk tahun depan). Semua (bagian) sirkuit,” ujar Rins. “Pengaspalan ulang (untuk balap tahun depan) sangat penting,” timpal Mir.

Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI) Sarankan Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang Seluruhnya

RMI sebagai salah satu kontraktor yang mengerjakan pembangunan Sirkuit Mandalika merekomendasikan pengaspalan ulang untuk semua trek Mandalika. Hal itu diungkapkan oleh General Manager RMI, Simon Gardini.

“Kami pernah melayani yang terburuk. Jadi jika mendapatkan dua pertiga masalah servis, itu masih sedikit kompromi karena kami melakukannya dengan sangat cepat. Jadi di sini bahasannya bukan setelah balapan selesai,” kata Gardini dikutip dari CNNIndonesia.

“Lalu apa selanjutnya? Saya pikir aspal yang sekarang disamakan kualitas, jenis, dan semuanya. Jadi saya pikir mungkin kami akan merekomendasikan pengaspalan baru semuanya,” ucap lelaki berambut putih tersebut.

Soal kekurangan lain di sekitar sirkuit, Gardini percaya waktu selama satu tahun ke depan, sebelum MotoGP 2023 digelar, akan teratasi. Dalam hal ini RMI akan berkoordinasi dan bekerja secara maksimal.

“Pada saat yang sama saya yakin kami dapat mengatasi area lain di luar jalur dengan alat baru dan semacamnya. Dan, Anda tahu, kami akan melakukan banyak hal dengan sempurna ke depan, itu akan bertahan bertahun-tahun,” katanya lagi.

Sekadar informasi, sebelum digelarnya MotoGP Mandalika 2022, pihak kontraktor PT Pembangunan Perumahan (PP) dan RMI telah melakukan pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika di sejumlah titik, tepatnya dari tikungan ke-17 sampai tikungan ke-5.

Pengaspalan ulang itu juga berdasarkan saran dan masukan dari sejumlah rider MotoGP yang melakukan tes pramusim di Sirkuit Mandalika pada Februari 2022 lalu. Beberapa rider mengeluhkan kerikil terkelupas dari aspal, sehingga sangat membahayakan para rider.

(lua/rgr)

  • Share