Tahu Nggak Kode Angka di Papan Penunjuk Jalan Tol Artinya Apa?

  • Share
Jakarta

Pernahkah memperhatikan sejumlah kode angka yang terdapat pada papan penunjuk jalan tol? Biasanya angka tersebut tertera di samping tulisan ‘Keluar’ pada papan berwarna putih dan berada di atas papan penunjuk arah berwarna hijau.

Ya kode angka itu bukan sekadar pajangan dan tak memiliki arti. Mengutip laman instagram Jasamarga Transjawa Toll Road angka tersebut berfungsi untuk mengarahkan pengemudi keluar jurusan melalui off ramp terdekat.

[Gambas:Instagram]

Kode angka tersebut merujuk pada rambu papapn penunjuk kilometer yang umumnya terletak di median jalan tol.

“Pernah kah kalian menyadari fungsi dari kode angka yang terdapat pada rambu penunjuk jalan tol? Tentunnya pihak pengelola jalan tol memiliki maksud tertentu untuk memudahkan pengendara mengenai informasi daerah yang dituju. Nah, untuk jawaban selengkapnya, yuk simak secara seksama melalui konten berikut ini!” tulis officcial_jasamargatransjawatol.

Bagi yang masih bingung, contohnya adalah kode angka 544 yang tertera di samping tulisan keluar di atas papan penunjuk jalan Ngawi, Madiun, dan Surabaya berikut. Ini berarti pengendara bisa keluar ke arah tujuan yang tertera di KM 544 sesuai dengan angka di median jalan.

Adapun pemasangan rambu penunjuk tersebut duatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan nomor KM 61 tahun 1993 tentang Rambu-rambu Lalu Lintas di Jalan. Bentuk, lambang, warna, dan arti rambu penunjuk juga diatur dalam Keputusan tersebut.

Meski sering wara-wiri di jalan tol, tidak menjamin semua pengendara memahami arti dari kode angka tersebut. Bagi warganet yang baru tahu, informasi ini cukup bermanfaat.

“Jujur baru tau saya hehehe… Pdhl saya saat ini sdh 3thndibagiin traffic lho, dansempat menanyakan pd rekan kerja tetapi sama2 tdk tahu hehehe terima kasih informasinya… Kok saya jd tambah pinter ya,” tulis seorang warganet.

Simak Video “Siap-siap! Mulai April 2022 Tilang Elektronik Berlaku di Jalan Tol
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

  • Share