Helm Aleix Espargaro Dilempar ke Fans di Mandalika, Berapa Harganya?

  • Share
Jakarta

Pebalap tim Aprilia, Aleix Espargaro, menepati janjinya dengan memberikan helm kepada penonton Pertamina Grand Prix of Indonesia, nama resmi MotoGP Mandalika 2022. Giveaway helm ini dilakukan Aleix karena janjinya ketika pengikut di instagram tembus 1 juta.

Rider Aprilia ini membuat janji untuk melempar helm ke tribun penonton jika followernya mencapai sejuta. Dalam catatan detikcom, follower Aleix Espargaro mencapai 940 ribuan ketika membuat sayembara. Tapi sebelum mencapai tenggat waktu pada hari minggu sudah mencapai target yang diinginkan kakak dari Pol Espargaro ini. Bahkan kini, pengikut Aleix Espargaro di Instagram mencapai 1,1 juta.

Usai balapan dia membagikan momen-momen pemenuhan janjinya. Hal ini dibagikan melalui akun instagram pribadinya, terlihat Espargaro yang masih pakai wearpack lengkap memarkirkan motor. Dia langsung berlari ke arah bangku penonton. Sejurus kemudian ia melepas helm dan melemparnya.

“Balapan yang sulit, tetapi poin bagus untuk kejuaraan! Saya telah melewati jutaan pengikut, jadi yang dijanjikan adalah hutang! Helm saya ke tribun! Terima kasih bahasa Indonesia!,” tulis Espargaro dalam akun instagramnya seperti dilihat detikcom, Minggu (20/3/2022).

Seperti diketahui, Aleix Espargaro menggunakan helm merek Indonesia, KYT. Adapun helm yang dipakainya adalah helm KYT tipe SR-GP. Helm tersebut merupakan kembaran dari helm Suomy SR-GP. Sebagai informasi, merek helm Suomy asal Italia sudah diakuisisi oleh merek helm lokal KYT.

Menurut Racing Service Helm KYT dan Suomy, Mugiyono, yang menangani helm Aleix Espargaro, Enea Bastianini dan Francesco Bagnaia, helm KYT SR-GP itu dijual umum dengan merek Suomy SR-GP.

“Dijual umum ada, tapi mereknya Suomy SR-GP. Bentuknya sama, semuanya sama,” ucap Mugi, cah Kebumen yang menangani helm pebalap MotoGP, kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Berapa harga helm Aleix Espargaro? Mugi mengaku tidak mengetahui harganya. Namun, jika dilihat dari e-commerce, helm Suomy SR-GP dijual di kisaran Rp 8 jutaan. Itu pun dengan badge atau logo Suomy, bukan KYT seperti Aleix Espargaro. Di pasaran, helm SR-GP ini memang tidak tersedia dengan merek KYT.

Aleix Espargaro sendiri tidak hanya punya 1 unit helm KYT. Usai melempar helm ini ke tribun, Aleix mengenakan helm KYT dengan grafis yang sama untuk naik motor lagi.
Menurut Mugi, dalam satu seri setiap pebalap disediakan 5 helm dengan beberapa konfigurasi kaca.

“Jadi kalau balap itu yang ready sebenarnya ada 4 (helm). Jadi yang 2 saya pasang kaca hitam, yang satu saya pasang kaca buat hujan atau clear, yang satu saya pasang medium atau light smoke. Karena kita tidak pernah tahu cuaca di sirkuit itu seperti apa. Kayak di Mugello waktu itu hujan, gerimis, tiba-tiba terang. Jadi dengan cuaca apa pun helm itu sudah siap mereka pakai. Sudah di pit box mereka sudah siap. Pokoknya setiap race, contohnya di Qatar ini sudah sedia empat, dipakai free practice, kualifikasi sama race,” sebutnya.

KYT dan Suomy memasok helm sebanyak 7-8 unit per pebalap dalam satu musim. Menurut Mugi, pada awal musim setiap pebalap dikasih lima unit helm.

Simak Video “Tak Hanya Indonesia, Seri MotoGP Lain Juga Gandeng Nama Sponsor
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

  • Share