Ternyata Ini Penyebab Motor Alex Rins Terbakar di Mandalika

  • Share
Jakarta

Motor Suzuki GSX-RR milik Alex Rins sempat terbakar saat Free Practice (FP) 4 di seri Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Sabtu (19/3/2022). Apa penyebabnya?

Peristiwa terbakarnya motor Alex Rins membuat latihan bebas 4 harus dikibarkan bendera merah. Suzuki GSX-RR pembalap Spanyol itu terbakar di Tikungan 10 Pertamina Mandalika International Street Circuit. Kondisinya memburuk saat Rins melewati Tikungan 11 dan 12. Pada akhirnya, Rins melompat dari motor yang terbakar di Tikungan 13.

Bos tim Suzuki, Livio Suppo, mengkonfirmasi bahwa kondisi Alex Rins tidak terluka dalam kebakaran motor. Dikutip Speedweek, menurut Livio Suppo, ada masalah di bagian selang oli.

“Ada masalah kecil dengan selang oli. Kami kemudian memeriksanya dengan cermat dan sampai pada kesimpulan bahwa mesinnya tidak rusak. Tapi kita tidak tahu persis bagaimana dan mengapa itu terjadi. Yang paling penting adalah pengemudi tidak terluka,” kata Suppo.

Sementara itu, Alex Rins bilang awalnya dia tidak melihat api pada motornya. Itulah alasan mengapa Rins tetap ngegas di Tikungan 10, 11, dan 12.

“Di tikungan berikutnya saya melihat roda belakang saya kehilangan traksi lagi dan apa yang saya lakukan segera adalah keluar dari lajur balap untuk keselamatan saya dan pebalap lain. Di luar lajur balap, saya melihat seluruh bagian bawah terbakar, saya takut, tentu saja. Hal pertama yang Anda pikirkan adalah:’Motornya akan meledak’,” cerita Rins.

Saat melihat ada api, Alex Rins langsung mencoba menetralkan gigi dan melompat dari motor. Beruntung, kondisinya baik-baik saja. Mesin pun tidak rusak.

“Mereka (tim Suzuki) sudah konfirmasi ke saya bahwa itu masalah di selang tempat oli lewat, dari mesin ke oil cooler atau semacamnya. Untung mesinnya baik-baik saja, tidak terpengaruh,” katanya seperti dikutip Marca.

Simak Video “Tak Hanya Indonesia, Seri MotoGP Lain Juga Gandeng Nama Sponsor
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)

  • Share