Alex Rins Dapat ‘Souvenir’ dari Sirkuit Mandalika: Dada Kena Serpihan Aspal

  • Share
Lombok

Kondisi lintasan di Sirkuit Mandalika dikeluhkan para pebalap MotoGP pada tes pramusim Februari 2022. Di beberapa sektor, kerikil aspal terkelupas saat motor digeber dengan kecepatan lebih dari 300 km/jam itu.

Kemudian jelang balapan MotoGP Mandalika digelar pada 18-20 Maret 2022, sirkuit Mandalika di lapisi aspal ulang. Kondisi aspal baru ini rupanya tak benar-benar membuat trek dalam kondisi bersih.

[Gambas:Instagram]

Pebalap tim Suzuki Ecstar Alex Rins misalnya membagikan momen saat aspal Sirkuit Mandalika menempel di dadanya.

“Oleh-oleh dari MandalikaGP. Ada yang mau serpihan aspal?” tulis Rins dalam unggahan story di akun instagram pribadinya 16 jam lalu.

Rins bukan satu-satunya pebalap yang menyorot soal kotornya aspal di Mandalika. Kotornya aspal di Sirkuit Mandalika ini sebelumnya juga sempat dikeluhkan oleh Alex Marquez. Menurutnya lintasan di Sirkuit Mandalika tak sepenuhnya bersih. Masih banyak kerikil yang menganggu para pebalap saat memacu motor dalam kecepatan tinggi.

“Itu adalah sesuatu untuk semua orang, tetapi masih ada beberapa batu juga. Itu adalah batu yang lebih kecil dibandingkan dengan tes, tetapi batu-batu itu masih ada di sana,” kata Alex Marquez.

Kerikil aspal Sirkuit Mandalika juga memakan korban lainnya yakni motor Ducati dari punggawa tim Mooney VR46, Luca Marini. Ia dan timnya menemukan bahwa ada sebuah batu menghantam radiator.

Andrea Dovizioso pun ikut berkomentar terkait aspal di Mandalika. Menurutnya batu-batu kerikil itu masih menjadi masalah buat para pebalap. Sebelumnya Dovi juga menyoroti terkait alat pembersih yang digunakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Dovi sempat berujar bila Mandalika memiliki alat pembersih seperti di Sirkuit Losail, Qatar maka masalah kotornya lintasan tak akan menghantui para pebalap.

“Lintasan dalam kondisi baik, tapi batu-batu kerikil menjadi masalah,” ungkapnya.

Sekadar informasi, Sirkuit Mandalika mengoperasikan sejumlah peralatan dan kendaraan untuk membantu membersihkan sirkuit. Adapun peralatan tersebut antara lain mobil sapu dan alat vakum manual yang dioperasikan tenaga manusia. Lalu ada juga mesin khusus pembersih aspal sirkuit utama yang diberi nama track jet.

Simak Video “Aksi Pawang Hujan MotoGP Mandalika Jadi ‘Sorotan’ Dunia
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

  • Share