Mobil Pikap Bantu Bersih-bersih Sirkuit Mandalika

  • Share
Lombok

Sesi latihan bebas dan kualifikasi MotoGP Mandalika 2022 telah dilangsungkan pada Sabtu, 19 Maret 2022. Ada satu hal menarik di sesi ini, di mana ketika kualifikasi usai, ada dua mobil pikap berwarna hitam yang masuk ke lintasan utama. Tujuannya untuk apa ya?

Indonesia siap menggelar MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Balapan berlangsung pada 18-20 Maret 2022, mulai dari kelas Moto3, Moto2, MotoGP, termasuk balap kelas junior Idemitsu Asia Talent Cup.

Pantauan detikOto di Sirkuit Mandalika, Sabtu (19/3/2022), sesi latihan bebas dan kualifikasi MotoGP Mandalika mulai dipenuhi banyak penonton, baik itu di tribun Premium Grandstand, mapun tribun VIP Hospitality Suite.

Masyarakat tampak antusias menonton jalannya sesi ini, terlihat dari beberapa sorak-sorai yang mereka lontarkan ketika pebalap memasuki sirkuit utama, maupun ketika ada pebalap yang mengalami crash.

Terlepas dari itu, pada sesi latihan bebas dan kualifikasi MotoGP Mandalika atau Pertamina Grand Prix of Indonesia, kita juga bisa menyaksikan aksi mobil pikap yang masuk ke trek utama setelah sesi kualifikasi berakhir.

Dijelaskan Koordinator Sirkuit Mandalika dari MGPA (Mandalika Grand Prix Association), Denny Pribadi, mobil pikap berjumlah dua unit tersebut sengaja diadakan untuk membantu membersihkan sirkuit dari debu.

Mobil-mobil pikap tersebut merupakan inventaris dari PT Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI), salah satu konsultan dan kontraktor pembangunan Sirkuit Mandalika. Mobil pikap berwarna hitam itu diberi alat penyapu debu di belakangnya.

“Ada banyak (mesin pembersih debu di Sirkuit Mandalika), ada mobil sapu, ada juga yang secara manual, menggunakan orang yang jalan menggunakan (mesin) vakum,” kata Denny kepada wartawan di Sirkuit Mandalika (19/3/2022).

Selain mobil sapu dan alat vakum manual yang dioperasikan tenaga manusia, ada juga mesin khusus pembersih aspal sirkuit utama yang diberi nama track jet.

“Jadi fungsinya (track jet) itu untuk membersihkan trek. Dia memang jalannya nggak terlalu cepat, tapi dia itu istilahnya, menyiram air, kemudian air itu disedot, divakum sama dia. Divakum sampai pasir itu benar-benar hilang semuanya, tapi tanpa merusak aspal,” jelas Denny.

Sebelumnya isu mengenai aspal Sirkuit Mandalika berdebu, terlontar dari beberapa pernyataan rider MotoGP saat melakoni tes pramusim pada Februari lalu. Tapi masalah ini segera diselesaikan oleh panitia penyelenggara. Bahkan telah dilakukan pengaspalan ulang di sejumlah titik karena Sirkuit Mandalika mengalami lapisan aspal terkelupas, yang sangat membahayakan bagi pebalap.

(lua/dry)

  • Share