Spek Motor KTM yang Bawa Miguel Oliviera Taklukan Sirkuit Mandalika

  • Share
Jakarta

Miguel Oliveira jadi pebalap pertama di MotoGP yang menang di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu (20/3/2022). Rider Portugal ini mencatatkan tinta emas bersama motor KTM RC-16.

Balapan Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung dalam kondisi basah. Miguel Oliveira menunggangi motor KTM RC-16 menggunakan ban basah depan-belakang.

Technical Manager Red Bull KTM, Sebastian Risse bilang bahwa motor KTM RC-16 tahun 2022 tidak memiliki perubahan yang radikal, bisa dibilang motornya ini tidak benar-benar baru dari tahun sebelumnya. Namun ada beberapa perangkat aerodinamis yang berubah seperti winglet, side pod, dan side fairing dari RC16.

Sejak pertama kali turun pada 2017, KTM RC16 mendapatkan beberapa kali perbaikan. Desain fairing hingga mekanikalnya ditingkatkan agar bisa menjadi yang tercepat di kelas MotoGP.

Kemenangan di MotoGP Mandalika jadi yang pertama sejak Francesco Guidotti dibajak dari Pramac Racing untuk menggantikan Mike Leitner sebagai Team Manager. Sebelumnya Brad Binder naik podium dua pada MotoGP Qatar.

Dani Pedrosa dan Mika Kallio digandeng KTM sebagai pebalap penguji (test rider). Sentuhan Pedrosa dan Kallio di motor KTM sedikit banyak membawa pengaruh.

Bicara spesifikasi, KTM RC16 tunggangan Miguel Oliveira yang menjuarai balapan MotoGP Mandalika menggendong mesin 1.000cc empat silinder dengan konfigurasi mesin berbentuk V. Tenaga dari mesin itu mampu mencapai lebih dari 265 daya kuda. Kecepatan maksimalnya bisa lebih dari 340 km/jam.

KTM RC16KTM RC16 Foto: KTM

Mesin itu mampu berteriak hingga 18.500 rpm. Mesin V4 1.000 cc itu dikawinkan dengan transmisi seamless shift. Dalam balapan MotoGP Mandalika hari ini, Miguel Oliveira berhasil mencatatkan top speed 298,3 km/jam.

Bicara kapasitas tangki, KTM RC16 memiliki tangki bahan bakar dengan kapasitas 22 liter untuk melahap putaran. Sedangkan sistem pembuangan hasil pembakaran mesinnya didukung oleh knalpot Akrapovic.

Untuk stabilitas, KTM RC16 ditopang oleh sasis baja, swingarm carbon fibre, dan suspensi depan-belakang yang dipasok oleh WP Suspension. Berat motor ini hanya 157 kg.

KTM RC16KTM RC16 Foto: KTM

Motor KTM RC16 dibekali sistem elektronik dari Magneti Marelli. Di dalamnya ada fitur elektronik seperti Drive-by-Wire, Engine Braking, Quickshifter, Traction Control, Wheelie Control, Pit Lane Limiter, dan Launch Control.

KTM RC16 yang finis terdepan di MotoGP Mandalika ini menggunakan rem Brembo dengan kaliper aluminium dan cakram carbon. Velg forged magnesium 17 inci dibalut oleh ban Michelin yang menjadi pemasok ban utama di kelas MotoGP.

Simak Video “Warga Serbu Bukit Tonton Langsung MotoGP
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)

  • Share