Mengintip Persiapan Tim Moto2 VR46 Master Camp di MotoGP Mandalika

  • Share
Mandalika

Gelaran MotoGP Mandalika berlangsung pada 18-20 Maret 2022. Tak hanya menonton langsung jalannya balapan, detikOto juga berkesempatan melihat langsung persiapan tim Moto2 VR46 Master Camp di Sirkuit Mandalika.

Selain menghadirkan paddock bike, Yamaha Indonesia turut meramaikan penyelenggaraan MotoGP Mandalika, dengan memberikan kesempatan kepada para awak media nasional untuk melakukan wawancara pebalap VR46 Master Camp Team serta melakukan kegiatan pit tour.

Sekitar 10 awak media melakukan kunjungan ke paddock VR46 Master Camp Team untuk melihat bagaimana persiapan balap tim Moto2 milik Valentino Rossi ini. Rombongan dipandu oleh Maria Collecchia, yang merupakan representative tim ini.

Sebelum masuk ke area paddock, Maria menjelaskan apa saja hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh peserta. Yang pertama tentunya adalah soal ketentuan mengambil gambar.

“Jadi peraturannya, tidak boleh mengambil gambar atau video di bagian belakang (paddock), hanya boleh dari depan saja (dekat pit lane),” kata Maria di lokasi, Sabtu (19/3/2022).

Kendati tampak tidak terlalu besar, paddock Yamaha VR46 Master Camp Team cukup rapi. Semua perlengkapan tersimpan di tempatnya masing-masing. Beberapa peralatannya juga sangat canggih dan hampir tidak bisa ditemui di bengkel-bengkel umum.

Tim Moto2 VR46 Mastercamp di Sirkuit MandalikaAwak media foto bersama tim Moto2 VR46 Master Camp di Sirkuit Mandalika Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Sama seperti paddock MotoGP, di bagian paling belakang paddock Yamaha VR46 Master Camp Team ada tempat mencuci komponen motor. Selanjutnya, ada fasilitas penyimpanan ban yang diselimuti kain pemanas agar ban bisa mendapatkan suhu yang dibutuhkan saat ingin digunakan.

Beberapa kru paddock tampak serius dengan pekerjaannya masing-masing. Dan karena keterbatasan waktu, juga karena tidak ingin mengganggu kerja mereka, para peserta pit tour hanya bisa melihat sekilas kegiatan mereka sambil lalu.

Nah, di bagian depan paddock terdapat motor Moto2 yang disiapkan untuk mengikuti latihan bebas dan kualifikasi hari itu. Motor masih tampak telanjang, sebelum kemudian dirakit menjadi motor utuh dan siap digunakan untuk berlaga.

Pengalaman mengunjungi garasi tim Moto2 ini ditutup dengan foto bersama pebalap Moto2 VR46 Master Camp, Manuel Gonzalez dan juga Keminth Kubo.

(lua/dry)

  • Share