Sederhana, Begini Cara Merawat Mobil Kesayangan

  • Share

Dalam menjalankan rutinitas agar tetap maksimal semua orang membutuhkan kendaraan baik umum hingga pribadi, seperti motor hingga mobil. Ketika memiliki mobil artinya ada tanggungjawab untuk melakukan perawatan supaya kondisi mobil tetap prima. 

Merawat mobil sebenarnya bukan perkara sulit. Menurut Achmad Arifin, Outlet Manager Scuto Cirebon Tuparev terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. 

“Pada dasarnya ada beberapa sektor utama yang perlu diperhatikan dalam merawat mobil dengan benar. Pertama itu ada mesin yang paling sederhana,” katanya, saat dihubungi Otodriver (20/03).  Arifin menilai setiap mobil harus mengganti oli dan tune-up secara berkala. Hal ini membantu menjaga durabilitas mesin agar tetap pada kondisi prima. 

“Selanjutnya lakukan cek berkala pada air radiator dan baterai mobil kita, lalu untuk oli sendiri bisa dicek melalui dip-stick, gantilah oli berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan masing-masing,” ujarnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan sektor kelistrikan tak kalah penting diperhatikan. Sebab, ketika ada masalah pada kelistrikan itu sendiri dapat merambat ke masalah lain. “Pastikan juga semua instrumen listrik sudah dinon-aktifkan seperti lampu, head-unit hingga lampu kabin. Instrumen kelistrikan yang lupa dimatikan berpotensi membuat baterai tekor dan merusak komponen lainnya seperti alternator juga bermasalah,” tambahnya. 

Tak kalah penting yang harus diperhatikan yaitu sektor kaki-kaki. Arifin menyarankan untuk rajin mengecek sektor tersebut (bushing kendaraan). Ketika ada masalah akan menimbulkan bunyi atau suara dengung. “Kalau ada masalah itu akan menimbulkan bunyi-bunyi, seperti suara dengung yang mengindikasikan bearing roda bermasalah, dan banyak lagi jenis suara lainnya sebagai pertanda kaki-kaki bermasalah,” tutupnya. 

  • Share