Kendaraan Panser Anoa ‘Keluyuran’ di Paddock MotoGP Mandalika

  • Share
Lombok

Presiden Joko Widodo disebut-sebut bakal menyaksikan langsung ajang perdana MotoGP di Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Untuk itu, ada sejumlah persiapan pengamanan yang dilakukan.

Salah seorang jurnalis MotoGP Simon Patterson, mengunggah momen pasukan pengaman yang membawa senjata tadi malam. Dalam foto yang diunggah Simon di akun Twitternya, tampak sejumlah anggota pasukan pengaman keluar dari panser Anoa dan mengelilingi paddock MotoGP.

Panser Anoa 6x6Panser Anoa 6×6 Foto: Dok.Pindad

Sekadar informasi, Anoa 6×6 APC (Armoured Personnel Carrier) merupakan kendaraan tempur yang digarap PT Pindad. Anoa 6×6 APC memiliki rasio daya berat 25 HP/ton, serta dilengkapi dengan sistem komunikasi dan transmisi otomatis. Anoa tipe APC memiliki kapasitas 12 orang personel termasuk pengemudi.

“Presiden Jokowi rupanya akan menghadiri balapan hari ini, makanya ada pasukan khusus dan bersenjata berkeliling paddock tadi malam,” begitu cuitan Simon yang diunggah pada MInggu (20/3/2022).

Hingga saat ini belum dapat dipastikan apakah Jokowi akan menghadiri langsung gelaran MotoGP Mandalika. Namun diketahui Jokowi akan menjadi saksi pernikahan Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada hari ini.

Pada saat parade MotoGP di Jakarta, Jokowi tak menampik kemungkinan untuk menonton langsung aksi para pebalap sekaligus mendukung aksi Mario Suryo Aji yang memulai balapan dari baris terdepan.

Perlu diketahui, Mario Aji merupakan satu-satunya pebalap Indonesia yang bakal berlaga di Pertamina Grand Prix of Indonesia untuk pertama kalinya ini.

“Iya saya akan lihat, mungkin hanya 1 hari aja. Jumat, sabtu, minggu, saya hanya sehari. Nggak tahu,” ungkap Jokowi usai membuka parade MotoGP di Jakarta.

Hari ini merupakan rangkaian terakhir dari MotoGP Mandalika. Adapun balapan dimulai dari sesi balap kedua Asia Talent Cup (ATC), disusul dengan sesi pemanasan dari Moto3, Moto2, dan MotoGP, hingga masuk ke sesi balapan utama.

Berikut jadwal lengkap MotoGP Mandalika 2022 dalam zona wilayah Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA).

Minggu, 20 Maret 2022
– 09.00: Race 2 ATC
– 10.00-10.10: Warm up Moto3
– 10.20-10.30: Warm up Moto2
– 10.40-11.00: Warm up MotoGP

– 12.00: Race Moto3 (23 laps)
– 13.20: Race Moto2 (25 laps)
– 15.00: Race MotoGP (27 laps)

Simak Video “Sederet Fakta Parade MotoGP di Jakarta Sebelum Balapan di Mandalika
[Gambas:Video 20detik]
(dry/riar)

  • Share