Jangan Kaget, Segini Ban yang Disiapkan untuk Satu Seri MotoGP

  • Share

Sabtu, 19 Maret 2022 – 13:36 WIB

Oto Mobile – Ajang balapan motor paling bergengsi bertajuk MotoGP, memang menarik untuk dibahas. Tak hanya aksi pembalapnya saja, tapi banyak hal yang menarik termasuk ban yang digunakan oleh para pembalap MotoGP.

Untuk kelas MotoGP Michelin menjadi sponsor sekaligus pemasok tunggal ban, nah pada musim ini Michelin hanya menyediakan 30 macam spesifikasi ban untuk digunakan oleh para pembalap.

“Kami memiliki tim teknis Michelin Motorsport yang akan berkomunikasi dengan para pembalap, sehingga nantinya pembalap akan memilih ban yang paling multi fungsi dan mengeliminasi ban-ban yang dianggap terlalu spesifik,” bilang Piero Taramasso, Michelin Two Wheels Motorsport Manager, dikutip Oto Mobile Otomotif, Sabtu 19 Maret 2022.

Lebih lanjut Taramasso menjelaskan, batasan ban tersebut nantinya justru akan memudahkan tim peserta untuk memilih tipe ban yang tepat, perampingan ini juga akan membantu mengurangi dampak lingkungan karena bahan baku yang digunakan berkurang.

“Artinya jumlah yang diproduksi juga turun, sehingga lebih sedikit ban yang akan disimpan dan didaur ulang setelah digunakan,” tambahnya.

Disamping itu, Dorna Sports sebagai promotor MotoGP, juga telah bersepakat dengan Michelin untuk mengurangi jumlah alokasi ban bagi rider individu per seri, dari sebelumnya 30 buah menjadi 28 buah.

Sehingga pada setiap seri, pembalap akan menerima 28 ban yang terdiri dari 15 ban depan dan 13 roda belakang. 

  • Share