Salah Isi di SPBU, Begini Jadinya saat Mobil Bensin Minum Solar

  • Share

Sabtu, 19 Maret 2022 – 09:50 WIB

Oto Mobile – Mesin bensin, dan diesel memiliki kebutuhan bahan bakar yang berbeda. Karena komponen di dalamnya tidak sama. Jika tidak sengaja terisi bahan bakar minyak, atau BBM yang tidak sesuai akan berakibat fatal.

Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Auto2000, Cahaya Fitri Tantriani mengatakan, tetap fokus saat melakukan pengisian bahan bakar di SPBU sangat diperlukan, agar tidak salah isi BBM.

“Terutama untuk model yang berbagi mesin bensin, dan diesel seperti Kijang Innova, dan Fortuner. Pastikan tidak salah isi BBM untuk mencegah masalah pada komponen mesin,” ujar Fitri dikutip Viva Otomotif dari keterangannya, Sabtu 19 Maret 2022.

Mobil diesel berasap tebal.

Mobil diesel berasap tebal.

Kijang Innova ditanamkan mesin bensin 2.000cc, dan diesel 2.400cc yang serupa dengan Fortuner, namun untuk mesin bensinnya memiliki kapasitas lebih besar, yakni 2.700cc. Kedua mobil itu dibangung menggunakan platform serupa.

Dalam keterangan resminya, di jelaskan bahwa mobil mesin bensin yang terisi solar tentu akan sulit dihidupkan. Mengingat bahan bakar untuk mesin diesel itu butuh kompresi tinggi untuk memicu ledakan di ruang bakar.

Faktor lainnya, mesin bensin memiliki tekanan pompa yang lebih rendah dibandingkan diesel, serta suhu percikan api busi yang tidak sesuai titik nyala solar. Sehingga tidak cukup untuk memicu ledakan dalam agar mesin hidup.

  • Share