Daftar Tunggu Haji di Tasikmalaya Mencapai 23 Tahun

  • Share

IHRAM.CO.ID, TASIKMALAYA — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tasikmalaya belum bisa memastikan pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini. Sebab, hingga saat ini belum ada keputusan terkait ibadah haji dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah Arab Saudi.

 

Kepala Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya M Ali Abdul Latief mengatakan masih menunggu kepastian terkait pelaksanaan ibadah haji untuk tahun ini. Manurut dia, hingga saat ini belum ada keputusan.

“Kita tunggu saja. Mudah-mudahan pendemi bisa mereda. Kami juga masih menunggu kesiapan pemerintah Arab Saudi,” kata dia (10/2/2022).

Kendati demikian, untuk ibadah umroh sudah dapat dilakukan. Sebelumnya, Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya juga sempat melepas rombongan jamaah umroh.

“Kalau umroh sukses, tak ada masalah, mudah-mudahan bisa jadi cerminan untuk ibadah haji,” kata dia.

Ia berharap, ibadah haji pada tahun ini dapat dilaksanakan. Mengingat, sudah banyak calon jamaah haji di Kota Tasikmalaya yang mendaftar.

Menurut dia, saat ini antrean untuk berangkat ibadah hadi di Kota Tasikmalaya telah mencapai sekitar 23 tahun. Artinya, apabila calon jamaah mendaftar tahun ini, baru 23 tahun kemudian baru bisa berangkat haji.

“Kota Tasikmalaya itu kuotanya per tahun hanya sekitar 650 orang. Sementara yang mendaftar sudah mencapai 20 ribu,” ujar dia.

  • Share