Bukan Main! Karet Ukir Rekor Harga Tertinggi dalam 3 Bulan

  • Share

Jakarta, OtoMobile.id – Harga karet dunia ukir rekor harga tertinggi sejak tiga bulan. Laju karet terdorong oleh optimisme bahwa produsen mobil akan mencatatkan laba pada tahun ini.

Pada Kamis (10/2/2022) pukul 11:27 WIB harga karet berjangka Jepang tercatat JPY 252,4/kg, naik 0,56% dibandingkan harga penutupan kemarin.


Harga karet berjangka Jepang mencatatkan reli kenaikan selama lima hari beruntun. Hal ini membuat karet bertengger di harga tertinggi sejak November 2021.

Harga karet terdorong dari optimisme para produsen mobil Jepang yang yakin akan mencatatkan laba pada tahun 2022 di tengah pasokan semikonduktor yang langka.

Pabrikan mobil nomor satu dan dua Jepang, Toyota Motor dan Honda Motor, mengatakan produksi kendaraan yang ketat memungkinkan mereka menjual mobil lebih mahal sehingga dapat mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Produsen mobil juga diuntungkan dari pelemahan yen yang meningkatkan nilai pendapatan mereka dari penjualan ke luar negeri. Selain itu, para pelaku pasar melihat potensi penurunan produksi di Thailand. Sebab musim dingin dan kering yang segera dimulai di negeri gajah putih tersebut.

Thailand adalah negara produsen terbesar di dunia. Mengacu data Statista, produksinya pada tahun 2020 mencapai 4.37 juta ton.

Maka dari itu, produksi karet Thailand yang turun akan mempengaruhi pasokan dunia. Harga karet dunia akan naik karena pasokan karet yang menipis di dunia.

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

(ras/ras)



  • Share