Angkot Ber-AC kini sudah ada di Jakarta, Ini Kehebatannya

  • Share

Tak sedikit yang ogah memilih angkutan perkotaan (angkot) karena dianggap kurang nyaman dan aman. Nah, kondisi angkot tersebut rupanya coba dihilangkan di Jakarta. 

Setidaknya Dinas Perhubungan DKI Jakarta, kemudian PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), dan Mitra Operator Bus Kecil kini telah melakukan terobosan agar angkutan umum jadi lebih baik di wilayah Ibu Kota. 

Ya, mereka menghadirkan angkot ber-AC yang disebut MikroTrans AC, dimana sistem angkutan umum ini terintegrasi dengan Transportasi JakLingko.

Pengemudi Mikrotrans alias angkot Ber-AC memakai seragam dan berdasi. (@dishubdkijakarta)

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, untuk tahap pertama, angkot ber-AC tersedia sebanyak 60 unit.

“Secara bertahap Mikrotrans AC akan didistribusikan ke beberapa rute trayek yang terintegrasi dengan layanan angkutan umum lain, seperti KRL serta diprioritaskan rute yang belum dilayani oleh Transjakarta,” ungkap Syafrin seperti dilansir akun resmi @dishubdkijakarta.

Sementara itu, menurut Plt. Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Angelina Betris, Mikrotrans AC dapat digunakan sehari-hari.

“Kami berharap pelanggan bisa merasa lebih nyaman ketika menggunakan layanan Mikrotrans dalam kegiatan sehari-hari. Mengingat ini merupakan layanan first miles dan last miles,” ujar Betris.

Dengan terisinya rute yang belum dilayani oleh Transjakarta, diharapkan Mikrotrans AC dapat membantu ketersediaan angkutan umum yang dapat menjangkau 95 persen penduduk DKI Jakarta.

Fasilitas Angkot ber-AC

Kondisi kabin Mikrotrans atau angkot ber-AC yang beroperasi di Jakarta. (@dishubdkijakarta)

Dengan adanya Mikrotrans, setidaknya pengemudi dan penumpang bisa tidak mengalami kegerahan atau kepanasan saat bepergian.

Namun yang perlu OLXers ketahui, angkot ber-AC sudah dilengkapi AC double blower (Front & rear- ceiling). 

Selain AC, beberapa fasilitas lainnya yang menunjang kenyamanan dan keamanan antara lain running text (menampilkan informasi rute beroperasi), pintu sliding otomatis di mana proses buka dan tutup pintu dari pramudi, TV widescreen.

Bahkan angkot ini juga dilengkapi dengan CCTV, DVR, palu pemecah kaca dan kursi pelanggan yang dibuat lebih nyaman karena tersebut dari busa. 

Tap in dan Tap Out pada alat Tap on Bus (TOB) yang ada pada Mikrotrans atau angkot ber-AC di Jakarta. (@dishubdkijakarta)

Armada juga memiliki kapasitas yang lebih besar dengan 12 orang termasuk pengemudi. Oia, angkot ini juga sudah dilengkapi sabuk keselamatan, dan jika ingin keluar masuk cukup melakukan Tap in dan Tap Out pada alat Tap on Bus (TOB).

Emh, menarik juga ya OLXers. Mau coba naik?

Mau jual atau beli mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

  • Share